ITEGRASI AGAMA DAN SAINS MELALUI KURIKULUM 2013 (Study Multisitus Di Madrasah Aliyah Fatwa Alim Madiun Dan Madrasah Aliyah Negeri 04 Madiun)

HIKMATUNAZILAH, 12850621021 (2023) ITEGRASI AGAMA DAN SAINS MELALUI KURIKULUM 2013 (Study Multisitus Di Madrasah Aliyah Fatwa Alim Madiun Dan Madrasah Aliyah Negeri 04 Madiun). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (6MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (50kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (289kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (184kB)

Abstract

Tesis dengan judul “Integrasi Agama dan Sains Melalui Kurikulum 13 (Study Multikasus di Madrasah Aliyah Negeri 04 Madiun dan Madrasah Fatwa Alim Madiun” ini di tulis oleh Hikmatunazilah, NIM: 12850621021 Jurusan Magister Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Prof. Dr. Mujamil Qomar, M.Ag dan Dr. Agus Purwo Widodo, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persoalan mengenai integrasi antara pendidikan agama dan yang dianggapan bahwa pendidikan agama dan sains merupakan dua entitas yang saling bertolak belakang. Padahal keduanya saling menguatkan bahkan saling berhubungan satu dengan lainnya. Hal tersebut bisa dipahami karena memang sejatinya semua ilmu merupakan ilmunya Allah SWT. Apalagi ketika dihadapkan pada lembaga pendidikan Islam, integrasi menjadi menarik untuk diungkap ke permukaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan, menganalisis dan menginterpretasikan tentang: (1) Konsep integrasi agama dan sains melalui kurikulum 2013 di madrasah Aliyah fatwa alim dan madrasah Aliyah negeri 4 madiun, (2) Implementasi integrasi agama dan sains melalui kurikulum 2013 di madrasah Aliyah fatwa alim dan madrasah Aliyah negeri 4 madiun. (3) Implikasi integrasi agama dan sains melalui kurikulum 2013 di madrasah Aliyah fatwa alim dan madrasah Aliyah negeri 4 madiun. Metode dalam penelitian tesis ini mengunakan pendekatan kualitatif metode studi multi kasus yang digali dengan mengunakan Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi, kemudian data yang diperoleh dianalisis di lintas kasus. Sedangkan Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan Adapun hasil dari penelitian dalam penelitian ini menunjukan bahwa (1) Konsep integrasi agama dan sains melalui kurikulum 13, proses penggabungan dan penyesuaian di antara unsur-unsur Agama maupun sains, sehingga menghasilkan perpaduan dua dimensi berbeda yang kemudian memiliki keserasian. Konsep merupakan sekumpulan ide/gagasan, pernyataan yang saling (2) Implementasi integrasi agama dan sains melalui kurikulum 13, penerapan integrasi ilmu dan sains terhadap pendidikan islam di era modern ini ialah diantaranya sudah adanya peralihan status .implementasi integrasi yang diterapkan meliputi kegiatan awal, inti serta penutup. Dengan melaksanakan pembelajaran dengan disesuaikan dengan pelajaran sains ke agama. (3) Implikasi integrasi agama dan sains melalui kurikulum 13, implikasi dalam hal kurikulum, bisa dalam bentuk penyusnan silabus di sekitar dua isu yang paling penting yakni: epistimologi dan etika. Dengan integrasi agama dan sains berimplikasi pada pendidikan islam antara lain berimplikasi dalam hal kurikulum. Kata Kunci: Integrasi, Agama dan Sains, Kurikulum 13.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12850621021 HIKMATUNAZILAH
Date Deposited: 31 Oct 2023 01:06
Last Modified: 31 Oct 2023 01:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41586

Actions (login required)

View Item View Item