PERAN HUBUNGAN MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN SOSIAL BERBASIS PESANTREN DI SMP ISLAM AL-KHOIRIYAH, SUMBERGEMPOL, TULUNGAGUNG

PUPUT WAHYU MARENTIKA, 12209193047 (2023) PERAN HUBUNGAN MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN SOSIAL BERBASIS PESANTREN DI SMP ISLAM AL-KHOIRIYAH, SUMBERGEMPOL, TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (707kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (519kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (316kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (615kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (317kB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Peran Hubungan Masyarakat Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Sosial Berbasis Pesantren di SMP Islam Al-Khoiriyah, Sumbergempol, Tulungagung” ini ditulis oleh Puput Wahyu Marentika, NIM. 12209193047, pembimbing Drs. H. Jani. M.M., M.Pd. Kata kunci: Peran Hubungan Masyarakat, Mutu Pendidikan Sosial, Pesantren Kegiatan hubungan masyarakat dalam meningkatkan mutu pendidikan sosial adalah hubungan sekolah dengan masyarakat merupakan bentuk dari hubungan sosial antara pihak sekolah dengan masyarakat. SMP Islam Al-Khoiriyah, Sumbergempol, Tulungagung merupakan lembaga pendidikan berbasis pesantren yang mana sekolah ini juga turut mengikuti persaingan antar lembaga pendidikan. Masyarakat banyak yang bergotong royong untuk kemajuan sekolah atau yayasan. Hal ini membuat SMP Islam Al-Khoiriyah, Sumbergempol, Tulungagung harus terus meningkatkan kualitas, baik dari segi pembelajaran, sarana-prasarana, dan outputnya secara berkelanjutan. Masyarakat diluar sana diketahui masih banyak yang belum mengenal dengan SMP Islam Al-Khoiriyah, Sumbergempol, Tulungagung. Hal ini pihak sekolah dan masyarakat harus terlibat dalam komite sekolah, dan berpartisipasi dalam pembangunan sekolah dan yayasan dan penentuan program pendidikan yang dilakukan oleh humas sekolah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Dengan pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, humas sekolah, dan waka kurikulum sekolah. Hasil penelitian ini adalah bahwa melalui peran hubungan masyarakat, pesantren dapat menyampaikan informasi tentang program-program pendidikan yang diadakan dan juga dapat memperoleh masukan dan dukungan dari masyarakat sekitar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sekolah melibtakan masyarakat dalam proses pendidikan sosial berbasis pesantren, diharapkan program-program yang diadakan dapat berjalan dengan efektif dan efisien.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 12209193047 PUPUT WAHYU MARENTIKA
Date Deposited: 31 Oct 2023 02:31
Last Modified: 31 Oct 2023 02:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41590

Actions (login required)

View Item View Item