PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN PROSEDUR SISWA PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII MTSN 5 KEDIRI

MILA MAURISA, 12204193175 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN PROSEDUR SISWA PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII MTSN 5 KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (213kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Pemahaman Konsep Dan Prosedur Siswa Pada Materi Statistika Kelas VIII MTsN 5 Kediri ini ditulis oleh Mila Maurisa, NIM 12204193175, Program Studi Tadris Matematika, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Ibu Dr. Musrikah, S.Pd.I., M.Pd. Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Pemahaman Konsep, dan Pemahaman Prosedur Pada pembelajaran matematika dibutuhkan pemahaman konsep dan prosedur secara imbang. Tanpa penguasaan pemahaman konsep dan prosedur yang cukup baik, siswa akan kesulitan memperdalam pemahaman matematis ataupun menyelesaikan permasalahan matematika. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang sesuai yakni Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) untuk mempermudah siswa dalam memecahkan berbagai permasalahan dalam matematika. Pada model pembelajaran ini siswa dituntut bekerja sama dan bertanggung jawab dalam hal memahami materi. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap pemahaman konsep siswa pada materi statistika (2) Untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap pemahaman prosedur siswa pada materi statistika, (3) Untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap pemahaman konsep dan prosedur siswa pada materi statistika. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen yaitu Quasi-Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa reguler kelas VIII MTsN 5 Kediri yang berjumlah 322 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VIII-I sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-J sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan cara dokumentasi dan tes. Dalam penelitian ini uji kelayakan instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji T, dan uji Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap pemahaman konsep siswa pada materi statistika kelas VIII MTsN 5 Kediri dengan besar pengaruh 0,69 dan termasuk pada kategori sedang. (2) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap pemahaman prosedur siswa pada materi statistika kelas VIII MTsN 5 Kediri dengan besar pengaruh 0,72 dan termasuk pada kategori sedang. (3) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap pemahaman konsep dan prosedur siswa pada materi statistika kelas VIII MTsN 5 Kediri dengan besar pengaruh 0,70 dan termasuk pada kategori sedang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Matematika > Statistika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193175 MILA MAURISA
Date Deposited: 02 Nov 2023 01:24
Last Modified: 02 Nov 2023 01:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41591

Actions (login required)

View Item View Item