PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEWUJUDKAN KARAKTER RELIGIUS PADA PESERTA DIDIK DI SMPN 1 NGUNUT

MILLENIA PUTRI DWI PANGESTU, 12201193367 (2023) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEWUJUDKAN KARAKTER RELIGIUS PADA PESERTA DIDIK DI SMPN 1 NGUNUT. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (648kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (516kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (493kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (674kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (271kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mewujudkan Karakter Religius Pada Peserta Didik di SMPN 1 Ngunut” ini ditulis oleh Millenia Putri Dwi Pangestu NIM. 12201193367. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing: Dr. Septinaningrum, M.Pd. Kata Kunci: Peran Guru, Pendidikan Agama Islam, Karakter Religius, karakter Illahiyah dan Insaniyah. Usaha pembentukan karakter di SMPN 1 Ngunut Tulungagung pada umumnya dilakukan melalui pembelajaran PAI di dalam kelas itu sendiri, adapun pembntukan karakter secara khusus dilakukan oleh guru dengan metode dan strategi yang sesuai. Berdasarkan observasi, diperoleh gambaran mengenai karakter religius siswa di SMPN 1 Ngunut ternyata masih banyak terdapat siswa yang melanggar aturan tata tertib sekolah yang mencerminkan karakter yang kurang baik Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Peran guru pendidikan agama Islam dalam mewujudkan karakter Illahiyah pada peserta didik di SMPN 1 Ngunut. (2) Peran guru pendidikan agama Islam dalam mewujudkan karakter Insaniyah pada peserta didik di SMPN 1 Ngunut. (3) Hambatan peran guru pendidikan agama Islam dalam mewujudkan karakter religius pada peserta didik di SMPN 1 Ngunut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode induktif dengan alur tahapan kondensasi data (data condensation), penyajian data (data display) dan menarik kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Nilai-nilai karakter Illahiyah di SMPN 1 Ngunut tercermin pada doa bersama sebelum dan sesudah pembelajaran, bersama- sama membaca surat Al-Qur’an sebelum kegiatan pembelajaran. Sedangkan di luar kelas, guru mendampingi kegiatan sholat berjama’ah. Sebagai upaya menanamkan secara mendalam nilai-nilai Illahiyah, peran guru SMPN 1 Ngunut dalam mewujudkan karakter Illahiyah adalah sebagai informan, sebagai motivator, sebagai educator, dan sebagai suri teladan. (2) Nilai-nilai karakter Insaniyah di SMPN 1 Ngunut antara lain Silaturahmi, Al-Ukhhuwah (semangat persaudaraan), dan Al- Tawadlu (rendah hati). Sebagai upaya menanamkan secara mendalam nilai-nilai Insaniyah, maka peran guru SMPN 1 Ngunut adalah sebagai inisiator, pembimbing, suri tauladan, dan mediator. (3) Hambatan peran guru dalam mewujudkan karakter religius SMPN 1 Ngunut yaitu diantaranya ialah kurangnya kontrol terhadap tingkah laku siswa, guru yang suka merokoh didalam kelas maupun di luar KBM sehingga siswa laki-laki diam-diam ikut-ikutan merokok. Kurangnya pengawasan lebih dari pihak sekolah, sikap dan perilaku siswa yang beragam, kurangnya pengawasan dari pihak orangtua maupun lingkungan terdekat siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193367 MILLENIA PUTRI DWI PANGESTU
Date Deposited: 31 Oct 2023 07:27
Last Modified: 31 Oct 2023 07:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41633

Actions (login required)

View Item View Item