STRATEGI GURU PAI DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SMP BUSTANUL MUTAALLIMIN KOTA BLITAR

MUHAMMAD LUTFI HABIBI, 12201183160 (2023) STRATEGI GURU PAI DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SMP BUSTANUL MUTAALLIMIN KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (225kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (143kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (116kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-nilai Religius Peserta Didik SMP Bustanul Muta’allimin Kota Blitar” ini di tulis oleh Muhammad Lutfi Habibi, NIM 12201183160, pembimbing Bapak Annas Ribab Sibilana, M.Pd.I. Kata Kunci : Strategi Guru PAI, Nilai-Nilai Religius Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya sebuah fenomena degradasi moral peserta didik. Peneliti berasumsi bahwa degradasi ini diantaranya disebabkan oleh kurangnya penanaman nilai religius pada peserta didik. Berdasarkan pra-observasi yang dilakukan, peneliti melihat SMP Bustanul Muta’allimin sebagai salah satu instansi pendidikan yang berhasil menanamkan nilai religius pada peserta didiknya. Untuk itu perlu adanya pengkajian ulang terhadap strategi yang diterapkan guru dalam menanamkan nilai-nilai religus di SMP tersebut. Sehingga dapat dijadikan percontohan di instansi pendidikan yang lain. Fokus penelitian ini adalah : (1) Bagaimana Strategi Guru Pendidikan agama Islam dalam Menanamkan Nilai Ubudiyah kepada Peserta Didik SMP Bustanul Muta’allimin Kota Blitar (2) Bagaimana Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai muamalah kepada peserta didik SMP Bustanul Muta’allimin Kota Blitar (3) Bagaimana Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai insaniyah kepada peserta didik SMP Bustanul Muta’allimin Kota Blitar Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan naturalistik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara serta dokumentasi. Analisis datanya dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Adapun untuk pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan model triangulasi sumber dan triangulasi Teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) pada penanaman nilai ubudiyah secara teoritis seorang pendidik melaksanakan pembelajaran dikelas guna menerangkan beberapa hal atau materi pokok yang berkaitan dengan aspek ubudiyah Adapun secara praktik ubudiyahnya di SMP Bustanul Muta’allimin ada kegiatan wajib sholat dhuha secara berjamaah sebelum bel masuk kelas berbunyi, kemudian juga ada kegiatan sholat dhuhur berjamaah dan istighosah setiap hari sabtu . (2) pada penanaman nilai muamalah secara teoritis seorang pendidik melaksanakan pembelajaran dikelas guna menerangkan beberapa hal atau materi pokok yang berkaitan dengan aspek muamalah, Adapun secara praktiknya muamalah di SMP Bustanul Muta’allimin ini ada kegitan infaq kelas setiap hari jum’at guna untuk membantu sesama teman yang membutuhkan, juga ada kegiatan koperasi sekolah guna untuk memenuhi kebutuhan peserta didik sepert perlengkapan alat-alat tulis dan lain sebagainya, ada juga membantu pengelolan zakat pada saat bulan puasa. (3) pada penanaman nilai insaniyah secara teoritis seorang pendidik melaksanakan pembelajaran dikelas guna menerangkan beberapa hal atau materi pokok yang berkaitan dengan aspek insaniyah, Adapun secara praktiknya Penanaman nilai religius aspek insaniyah terhadap peserta didik SMP Bustanul Muta’allimin Kota Blitar menghasilkan beberapa karakter yang baik, seperti peserta didik mampu bertingkah laku sopan santun, gotong royong, saling tolong menolong temannya, membantu belajar, hingga menjenguk temannya yang sedang sakit. Mereka telah memiliki rasa peduli yang sangat luar biasa. Melalui strategi yang diterapkan guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai religius aspek insaniyah, peserta didik mampu memilah, menerapkan, membiasakan serta mencontoh perbuatan baik yang mereka lihat maupun dengar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183160 MUHAMMAD LUTFI HABIBI
Date Deposited: 01 Nov 2023 08:42
Last Modified: 01 Nov 2023 08:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41636

Actions (login required)

View Item View Item