EFEKTIFITAS SIMULASI PHET SEBAGAI BAHAN AJAR TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG DI SMPN 6 TULUNGAGUNG

AYU SETIORINI, 12211193019 (2023) EFEKTIFITAS SIMULASI PHET SEBAGAI BAHAN AJAR TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG DI SMPN 6 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (986kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (914kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (843kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (533kB)

Abstract

Skripsi dengan judul Efektifitas Simulasi Phet Sebagai Bahan Ajar Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Getaran Dan Gelombang Di SMPN 6 Tulungagung ditulis oleh Ayu Setiorini, NIM 12211193019, Pembimbing Husni Cahyadi Kurniawan, M.Si. Kata Kunci : Simulasi PheT, Keaktifan dan Hasil Belajar Kegiatan pembelajaran yang kurang menarik minat siswanya pada bidang study IPA. dimana guru hanya menjelaskan materi dengan metode ceramah dan kurangnya suasana yang interaktif didalam kelas, sehingga siswa akan mudah bosan dapat tertidur saat guru memberi penjelasan atau asik sendiri bermain ponsel dibawah meja. Disaat melakukan percobaan disekolah siswa diminta untuk mempersiapkan alat dan bahan, ada beberapa siswa yang lupa membawanya dan ada yang membawa tetapi tidak sesuai dengan perintah. Maka percobaan atau praktikum atau kegiatan pembelajaran tersebut kurang efektif dan kondusif untuk dapat menciptakan suasana yang interaktif. Penyebab dari masalah tersebut karena kurang memadahinya fasilitas-fasilitas yang ada disekolah salah satunya kurang layaknya laboratorium IPA bila digunakan karena beberapa sisi laboratorium yang rusak. hal tersebut memicu menurunkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada bidang study IPA terutama cabang fisika pada materi getaran dan gelombang karena hampir 76,33% dibawah KKM hasil belajarnya maka selalu terdapat siswa yang remidial saat ulangan harian pada setiap kelasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas simulasi PheT sebagai bahan ajar terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMPN 6 Tulungagung. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi keaktifan dan tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, realibilitas, normalitas, homogenitas, uji-t, lembar observasi keaktifan,n-gain dan manova. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Terdapat efektivitas simulasi PheT sebagai bahan ajar terhadap keaktifan belajar siswa pada materi getaran dan gelombang di SMPN 6 Tulungagung. Dibuktikan dengan nilai hasil uji hipotesis yaitu 0,000 < 0,05 yang menyatakan

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 12211193019 AYU SETIORINI
Date Deposited: 01 Nov 2023 04:22
Last Modified: 01 Nov 2023 04:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41657

Actions (login required)

View Item View Item