NIDA LAILATUL NAJLA, 12201193012 (2023) PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAM RAHMATAN LIL ALAMIIN MELALUI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MAN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (386kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (225kB) |
||
Text
DAFTAR ISI .pdf Download (168kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (276kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (327kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (238kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (638kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (288kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (38kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (162kB) | Preview |
Abstract
MAN 1 Tulungagung merupakan salah satu sekolah yang telah menggunakan kurikulum merdeka pada tahun ajar 2022/2023 di tahun pertama pada kelas 10 dan MAN 1 Tulungagung memiliki latar belakang pendidikan yang memprioritaskan nilai-nilai religius. Untuk melihat bagaimana kerja kurikulum merdeka dalam membentuk karakter Islam Rahmatan Lil Alamiin Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui design pembelajaran akidah akhlak dalam membentuk karakter Islam Rahmatan Lil Alamiin di MAN 1 Tulungagung, (2) Untuk mengetahui proses dalam membentuk karakter Islam Rahmatan Lil Alamiin di MAN 1 Tulungagung, (3) Untuk mengetahui hal-hal yang menjadi pendukung dan penghambat pembelajaran akidah akhlak dalam mewujudkan karakter Islam Rahmatan Lil Alamiin di MAN 1 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian yang diambil adalah, guru akidah akhlak, waka kurikulum, dan beberapa siswa MAN 1 Tulungagung kelas X. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana, yang didalamnya terdapat tiga alur yaitu data condensation (kondensasi data), data display (display data), dan coclusion drawing (menarik kesimpulan atau verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan (1) Mendesign pembelajaran untuk membentuk karakter Islam Rahmatan Lil Alamiin yaitu dengan: a. Mengetahui siswa dari karakterik dan kemampuan awal, b. Menentukan tujuan pembelajaran secara umum dan khusus, c. Mengatur strategi pembelajaran, dan d. Menyiapkan bahan ajar guru (2) Proses pembelajaran mengarah kepada pengetahuan moral antara lain moral siswa dengan memberikan pembiasaan, pembiasaan berfikir kritis, dan sistem pembelajaran secara blok (tahsin, tahfidz, dan kajian kitab kuning). Kemudian kesadaran moral siswa meliputi menghargai pendapat, peka terhadap lingkungan sekitar, komunikasi yang baik, dan toleransi. Tindakan moral siswa meliputi sholat dhuha, prestasi piala dan piagam, dan karakter religius. (3) Faktor pendukung dalam membentuk perilaku siswa sesuai dengan Islam Rahmatan Lil Alamiin, jumlah guru yang berada di MAN 1 Tulungagung berjumlah 78 guru, modul ajar disiapkan sebagai pedoman ajar, dan terdapat musholla serta masjid. Faktor penghambatnya adalah kurangnya kesadaran dan kurang memahami nilai Islam Rahamatan Lil Alamiin, pengaruh dari luar yang dibawa ke madrasah, dan jam tayang pada saat mengajar yang bisa jadi lebih dan kurang.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah aliyah Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201193012 Nida Laialtul Najla |
Date Deposited: | 01 Nov 2023 08:50 |
Last Modified: | 01 Nov 2023 08:51 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41665 |
Actions (login required)
View Item |