STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MI MAMBAUL HUDA PUCANGLABAN TULUNGAGUNG

ANA LAILATUN NAFI’AH, 17205163325 (2023) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MI MAMBAUL HUDA PUCANGLABAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (171kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (44kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (293kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (644kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB)

Abstract

ABSTRAK Nafi’ah, Ana Laila. 2022. Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Mata Pelajaran Belajar Bahasa Arab di MI Mambaul Huda Pucanglaban Tulungagung. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dr. Drs. Asrop Safi’i, M. Ag kata Kunci: strategi, Guru, Kesulitan Belajar Bahasa Arab Bahasa Arab merupakan salah satu pelajaran wajib di sekolah berbasis madrasah atau islami. Penguasaan pada mata pelajarana ini penting karena merupakan bahasa asing yang juga Bahasa Al-Qur’an dan untuk lebuh mengenal makna dari suatu bacaan serta tata cara untuk menulis dalam Al-Qur’an. untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan upaya yang lebih bagi pendidik dalam menerapkan strategi, metode, serta media pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca mufrodat pada mata pelajaran Bahasa Arab di MI Mambaul Huda Pucanglaban (2) mendeskripsikan strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar menulis mufrodat pada mata pelajaran Bahasa Arab di MI Mambaul Huda Pucanglaban (3) mendeskripsikan dampak positif guru menggunakan strategi dalam mengatasi kesulitan belajar menulis mufrodat pada mata pelajaran Bahasa Arab di MI Mambaul Huda Pucanglaban. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitataif, yaitu data yang diperoleh berupa ucapan atau tulisan dan Tindakan yang diamati dari subjek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara kondensasi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa. (1) penggunaan media, metode, bimbingan individual maupun kelompok, motivasi serta evalusi dan pembiasaan yang dilakukan di madrasah menunjukkan pengaruh yang sangat dibutuhkan dalam proses meningkatkan kemampuan belajar membaca peserta didik. Selain itu membaca secara berulang juga meningkatkan keterampilan membaca peserta didik (2) selama proses kegiatan belajar mengajar dilakukan penggunaan media, metode pengenalan bentuk dari huruf dan angka pada bahasa arab, bimbingan individu maupun kelompok, motivasi serta evaluasi, dan menulis berulang mampu meningkatkan keterampilan menulis peserta didik (3) dampak yang diperoleh oleh peserta didik antara lain keterampilan menulis dan membaca meningkat, selain itu meningkatnya rasa percaya diri, minat belajar dan fokus peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163325 ANA LAILATUN NAFI'AH
Date Deposited: 06 Nov 2023 03:01
Last Modified: 06 Nov 2023 03:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41669

Actions (login required)

View Item View Item