IMPLEMENTASI AN-NAGHOM FIL QUR’AN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN TILAWAH AL-QUR’AN SANTRI TPQ AR-ROYAN TUNGGULSARI KEDUNGWARU

ALWI ALAMSYAH, 12201193140 (2023) IMPLEMENTASI AN-NAGHOM FIL QUR’AN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN TILAWAH AL-QUR’AN SANTRI TPQ AR-ROYAN TUNGGULSARI KEDUNGWARU. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (814kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (430kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (691kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (886kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (424kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dengan judul “Implementasi An-Naghom Fil Qur’an Dalam Meningkatkan Kemampuan Tilawah Al-Qur’an Santri TPQ Ar-Royan Tunggulsari Kedungwaru” ini ditulis oleh Alwi Alamsyah, NIM 12201193140, pembimbing Ibu Dr. Hj. Luluk Atirotu Zahroh, M.Pd. Kata Kunci: Implementasi, An-Naghom fil Qur’an, Tilawah Al-Qur’an Penelitian ini didasarkan pada konteks penelitian di lapangan. Fenomena generasi milenial yang kurang berkompeten ketika membaca al-qur’an. Banyak para remaja yang menggemari musik maupun langam-langgam selain al-qur’an. Sehingga tidak sedikit para anak muda yang buta akan bacaan al-qur’an. oleh karena itu dalam upaya meningkatkan kualitas membaca al-qur’an khususnya pada An-Naghom fil Qur’an, pembelajaran naghom sangat dibutuhkan oleh generasi millennial. Penguasaan naghom yang tepat dapat memperbaiki cara baca al-qur’an santri. Karena naghom yang dipelajari dapat membantu tempo dan artikulasi bacaan al-qur’an secara tepat. Sehingga disiplin-disiplin tajwid tetap terjaga ketika membaca al-qur’an dengan bantuan naghom yang dilantunkan. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana Perencanaan An-Naghom fil Qur’an dalam meningkatkan kemampuan Tilawah Alquran santri TPQ Ar Royan Tunggulsari Kedungwaru. (2) Bagaimana Penerapan An-Naghom fil Qur’an dalam meningkatkan kemampuan Tilawah Alquran santri TPQ Ar Royan Tunggulsari Kedungwaru. (3) Bagaimana Evaluasi An-Naghom fil Qur’an dalam meningkatkan kemampuan Tilawah Alquran santri TPQ Ar Royan Tunggulsari Kedungwaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research). Lokasi penelitian berada di TPQ Ar-Royyan Tunggulsari Kedungwaru. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer (Kepala TPQ sekaligus pengampu Tilawah), serta data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, vertifikasi data. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas, pengujian Transferability, Pengujian Dependability, dan Pengujian Confirmability. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Perencanaan an-naghom fil qur’an di TPQ Ar-Royyan Kedungwaru terdiri beberapa tahap yakni meliputi perumusan target penguasaan naghom kepada santri dengan menargetkan minimal 1 maqro’ kepada santri, menyiapkan materi naghom dengan menyelipkan beberapa naghom pada ayat yang akan diajarkannya, menyiapkan media pembelajaran naghom berupa sound dalam masjid, dan menentukan metode yang akan diajarkan kepada santri. (2) Penerapan an-naghom fil qur’an di TPQ Ar-Royyan Kedungwaru yakni melewati beberapa tahap seperti membuka pembelajaran dengan doa pembelajaran, melakukan pelemasan pita suara sebelum melakukan pembelajaran naghom, menerapkan metode yang telah dirancang sebelumnya yakni metode talaqqi, santri diberikan kesempatan agar menampilkan naghom yang telah dipelajari di depan teman-temannya, pendidik melakukan interaksi Tanya jawab kepada murid terkait naghom yang telah dipelajari, pembelajaran ditutup dengan doa’a khotmil qur’an yang dilantunkan menggunakan naghom nahawwand. Sebelum meninggalkan lokasi pembelajaran pendidik memberikan motivasi kepada santri serta pendekatan kepada wali santri. (3) Evaluasi yang diterapkan di lembaga TPQ Ar-Royyan Tunggulsari Kedungwaru yakni meliputi evaluasi formatif dan dengan mengadakan MTQ tingkat madrasah yang disaksikan oleh wali santri masing-masing. Hal ini bertujuan para wali santri mengetahui secara langsung hasil belajar santri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193140 Alwi Alamsyah
Date Deposited: 02 Nov 2023 02:45
Last Modified: 02 Nov 2023 02:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41677

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item