“Implementasi Pembelajaran Tahfiẓul Qur‟an Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (Studi Multisitus Di SMP Islam Terpadu Tahfidzil Qur‟an Botoran Dan SMP Tahfidz Al-Ikhlas Karangrejo Tulungagung)”

Nur 'Ilma Lailatul M., 1756144043 (2016) “Implementasi Pembelajaran Tahfiẓul Qur‟an Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (Studi Multisitus Di SMP Islam Terpadu Tahfidzil Qur‟an Botoran Dan SMP Tahfidz Al-Ikhlas Karangrejo Tulungagung)”. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (376kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (758kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (729kB) | Preview

Abstract

Tesis dengan judul “Implementasi Pembelajaran Tahfiẓul Qur‟an Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (Studi Multisitus Di SMP Islam Terpadu Tahfidzil Qur‟an Botoran Dan SMP Tahfidz Al-Ikhlas Karangrejo Tulungagung)”, yang ditulis oleh Nur ‟Ilma Lailatul M. ini dibimbing oleh Dr.H. Ahmad Muhtadi Ansor, M.Ag dan Dr. HA. Hasyim Nawawie, M.Si Kata Kunci : Implementasi, Tahfiẓul Qur‟an Penelitian ini dilatar belakangi oleh di zaman seperti sekarang ini telah banyak sekolah-sekolah atau pun madrasah yang menerapkan pembelajaran Tahfiẓul qur‟an sebagai salah satu program wajib atau justru program unggulan di lembaganya. Mengimplementasikan pembelajaran Tahfiẓul qur‟an bukanlah suatu hal yang mudah untuk dilakukan. Walaupun terkadang mudah melakukan hafalan Al-Qur‟an, namun agar hafalan tersebut tetap ada di ingatan dan hati dibutuhkan konsistensi dari para hafiẓ/hafiẓah untuk menjaganya. Fokus penelitian dalam penulisan tesis ini adalah 1) Bagaimana proses perencanaan pembelajaran Tahfiẓul Qur‟an di SMPIT Tahfidzil Qur‟an dan SMPT Al-Ikhlas Tulungagung?, 2) Bagaimana proses pembelajaran Tahfiẓul Qur‟an di SMPIT Tahfidzil Qur‟an dan SMPT Al-Ikhlas Tulungagung?, 3) Bagaimana proses menjaga hafalan Al-Qur‟an siswa di di SMPIT Tahfidzil Qur‟an dan SMPT Al-Ikhlas Tulungagung? Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan proses perencanaan pembelajaran Tahfiẓul Qur‟an di SMPIT Tahfidzil Qur‟an dan SMPT Al-Ikhlas Tulungagung, 2) Untuk mendeskripsikan proses pembelajaran Tahfiẓul Qur‟an di SMPIT Tahfidzil Qur‟an dan SMPT Al-Ikhlas Tulungagung, 3) Untuk mendeskripsikan proses menjaga hafalan Al-Qur‟an siswa di SMPIT Tahfidzil Qur‟an dan SMPT Al-Ikhlas Tulungagung. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian deskriptif dengan menggunakan rancangan studi multisitus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunkan teknik observasi, wawancara mendalam, serta teknik dokumentasi. Analisa data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan triangulasi data, pembahasan teman sejawat, dan perpanjangan penelitian. Hasil penelitian menyebutkan 1) Proses perencanaan pembelajaran Tahfiẓul qur‟an di SMPIT Tahfidzil Qur‟an dan SMP Tahfidz Al-Ikhlas yang perlu dilakukan adalah: a) Target hafalannya siswa mampu menyelesaikan hafalan Al-Qur‟an 30 juz dalam kurun waktu 1-1 ½ tahun serta istiqomah dalam melakukan takrir hafalan b) Cara hafalannya dimulai dari juz 1, 2, dan seterusnya serta pembiasaan surat-surat pilihan. c) Pembelajarannya menggunakan metode tahsin, tadabbur, takrir, dan mudarasah. d) Dilaksanakan program-program tahfidz lain sebagai penunjang seperti kegiatan MOS tahfidz, pembiasaan hafalan surat-surat pilihan, kegiatan tahfidz harian berupa mengulang hafalan yang telah diperoleh dan menyetorkan hafalan baru, serta sima‟ hafalan Al-Qur‟an secara bergantian. e) Program sertifikasi per juz dan per surat. f) Kegiatan ujian xvii semesteran maupun tahunan, 2) Proses pembelajaran Tahfiẓul qur‟an di SMPIT Tahfidzil Qur‟an dan SMP Tahfidz Al-Ikhlas mengikuti langkah-langkah pembelajaran sebagai berikut: a) Kegiatan Tahfiẓul qur‟an dengan menggunakan metode tahsin, metode tadabbur, metode takrir, metode sima‟i, metode resitasi, dan metode mudarrasah, b) Evaluasi pembelajaran Tahfiẓul qur‟an yang dilakukan setiap hari dengan cara mengamati setoran serta pencapaian hafalan siswa, selain itu juga ada evaluasi berupa tes hafalan per surat dan per juz, evaluasi semesteran dan tahunan yang dilaksanakan di akhir semester. 3) Program yang dilaksanakan SMPIT Tahfidzil Qur‟an dan SMPT Tahfidz Al-Ikhlas untuk menjaga hafalan Al-Qur‟an siswa adalah a) Menerapkan muraja‟ah binadlor secara istiqomah 1-5 juz/hari, b) Muraja‟ah dilakukan 2x sehari. Siang pulang sekolah dilakukan muraja‟ah ¼ juz yang disimakkan kepada ustadz/ustadzah dan malam setelah shalat isya‟. c) sema‟an bergilir kerumah siswa dan sima‟ mudarrasah di sekolah yang disima‟ oleh masyarakat sekitar , d) menanamkan sikap disiplin dan tanggung jawab pada diri siswa untuk menjaga hafalannya secara mandiri.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1756144043 nur ilma lailatul mukarromah
Date Deposited: 08 Dec 2016 01:59
Last Modified: 08 Dec 2016 01:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4169

Actions (login required)

View Item View Item