MUHAMMAD KHOIRUL ARIFIN, 12205183197 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN TEMATIK DI MI MAFTAHUL ULUM TEGALREJO SAWENTAR KANIGORO BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (863kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (120kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (199kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (348kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (156kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSATAKA.pdf Download (97kB) | Preview |
Abstract
Muhammad Khoirul Arifin. 12205183197. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Tematik di MI Miftahul Ulum Tegalrejo Sawentar Kanigoro Blitar. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. 2023. Lailatuz Zuhriyah, M.Fil.I. Kata Kunci : Media Pembelajaran Video, Hasil Belajar, dan Mata Pelajaran Tematik. Media pembelajaran merupakan alat yang memungkinkan siswa untuk mengerti dan memahami sesuatu dengan mudah untuk mengingatnya dalam waktu yang lama dibandingkan dengan penyampaian materi pelajaran dengan cara tatap muka dan ceramah tanpa alat bantu atau media pembelajaran. Pada pembelajaran tematik pada dasarnya membutuhkan media pembelajaran yang dapat membuat siswa lebih memahami materi pelajaran. Video pembelajaran adalah media audio visual yang dapat dilihat dan dapat didengar karena merupakan gabungan dari dua atau lebih media (gambar, suara, teks, dan video) yang dalam pengoperasiannya memerlukan alat bantu seperti komputer, laptop, LCD proyektor atau alat pendukung yang mampu memutarkan video pembelajaran. Media pembelajaran video sangat cocok digunakan sebagai media dalam berbagai pelajaran, termasuk pada mata pelajaran tematik khususnya muatan IPA. Dengan menggunakan media pembelajar video ini diharapkan daya tangkan siswa akan lebih mudah dalam mengingat materi yang disampaikan oleh guru.Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Adakah pengaruh penggunaan media pembelajaran video terhadap hasil belajar mata pelajaran Tematik muatan IPA siswa kelas V di MI Maftahul Ulum Tegalrejo Sawentar Kanigoro Kabupaten Blitar. 2) Seberapa besar pengaruh media pembelajaran video terhadap hasil belajar mata pelajaran Tematik muatan IPA siswa kelas V di MI Maftahul Ulum Tegalrejo Sawentar Kanigoro Kabupaten Blitar, mata pelajaran Tematik muatan IPA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quasi Eksperimental Design (penelitian eksperimen semu). Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest Posttest Control Group Design. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik nonprobability. Populasi dari peneliti ini adalah seluruh siswa di MI Maftahul Ulum Sawentar Kanigoro Blitar. Sedangkan sampel yang digunakan adalah kelas VA sebagai kelas kontrol dengan jumlah 18 siswa dan Kelas VB sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer dan sekunder. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Hipotesis Paired Sample T-Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran video terhadap hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran tematik muatan IPA di MI Mafthaul Ulum Tegalrejo Sawentar Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar. Hal ini ditunjukkan pada perbedaan rata-rata pretest hasi belajar pada kelas kontrol sebesar 63,88 dan pada kelas eksperimen sebesar 65,55 lebih besar pada kelas kontrol. Sedangkan perbedaan rata-rata postest hasi belajar pada kelas kontrol sebesar 76,11 dan pada kelas eksperimen sebesar 79,16 lebih besar pada kelas control. 2)Seberapa besar pengaruh penggunaan media pembelajaran video terhadap hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran tematik muatan IPA di MI Mafthaul Ulum Tegalrejo Sawentar Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar. Hal tersebut menunjukkan dengan nilai Sig 0.000 lebih kecil dari nilai kriteria hipotesis 0,05 atau bisa dituiskan Sig < 0,05 sehingga dapat dinyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183197 MUHAMMAD KHOIRUL ARIFIN |
Date Deposited: | 06 Nov 2023 05:14 |
Last Modified: | 06 Nov 2023 05:14 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41729 |
Actions (login required)
View Item |