PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ENSIKLOPEDIA BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI IPA SISWA KELAS V MI MAFATIHUL HUDA BANGSONGAN KEDIRI

DIYANA MAJIDATUL MARWA, 12505194013 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ENSIKLOPEDIA BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI IPA SISWA KELAS V MI MAFATIHUL HUDA BANGSONGAN KEDIRI. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (848kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (183kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (35kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (231kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (126kB)

Abstract

Kata Kunci: Pengembangan Media, Ensiklopedia, Berbasis Android Penelitian dalam tesis ini dilatar belakangi oleh keberadaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran yang belum sepenuhnya tersedia dari sekolahan maupun guru, yang sebenarnya media pembelajaran mampu menumbuhkan motivasi siswa serta menjadikan siswa lebih baik pada proses pembelajaran. Pada materi IPA terdapat istilah-istilah ilmiah yang sulit dipahami oleh siswa. Maka dari itu diperlukan media pembelajaran ensiklopedia berbasis android yang sesuai dengan kebutuhan siswa serta sesuai dengan perkembangan zaman, agar siswa mampu memahami konsep pada pembelajaran IPA dengan baik. Rumusan masalah pada tesis ini yaitu: (1) Bagaimana proses pengembangan media pembelajaran Ensiklopedia berbasis android. (2) Bagaimana kelayakan pengembangan media pembelajaran Ensiklopedia berbasis android. (3) Bagaimana pengaruh pengembangan media pembelajaran Ensiklopedia berbasis android untuk meningkatkan pemahaman konsep dalam pembelajaran IPA siswa kelas V MI Mafatihul Huda Bangsongan. Tujuan penelitian ini yakni: (1) Mendeskripsikan proses pengembangan media, (2) Mendeskripsikan kelayakan media, dan (3) Mendeskripsikan pengaruh media terhadap pemahaman konsep siswa. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode penelitian Research and Developmen (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MI Mafatihul Huda, sampel yang digunakan yaitu seluruh siswa kelas 5 berjumlah 41 siswa yang dibagi menjadi 2 kelas yakni 20 siswa kelas eksperimen dan 21 siswa kelas kontrol, teknik sampling yang digunakan yaitu random sampling. Teknik penggumpulan data menggunakan wawancara, tes, dan angket. Hasil penelitian dan pengembangan ini, penulis menyimpulkan bahwa: (1) pengembangan media ini menghasilkan produk yakni media pembelajaran ensiklopedia berbasis android. (2) Media pembelajaran ensiklopedia berbasis android layak digunaan siswa, yang diketahui dari ahli media sebesar 80% dan 91,6% , dan juga ahli materi media pembelajaran sebesar 80% dan 87,5%, serta hasil dari angket siswa secara keseluruhan sebesar 86,70% dapat dikatakan praktis. (3) Penggunaan media pembelajaran ensiklopedia berbasis android diketahui memiliki pengaruh terhadap pemahaman konsep pada siswa. Sedangkan, besar pengaruh media pembelajaran ensiklopedia berbasis android diketahui presentasenya sebesar 91,9%, sehingga besar pengaruhnya dikatakan tinggi. Media Development, Encyclopedia, Android-Based

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Bahan Ajar
Pendidikan > Gaya Belajar
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > PGMI
Depositing User: 12505194013 DIYANA MAJIDATUL MARWA
Date Deposited: 07 Nov 2023 06:43
Last Modified: 07 Nov 2023 06:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41738

Actions (login required)

View Item View Item