LAILI DESI AYU RISQILAH, 12204183030 (2023) SELF CONFIDENCE SISWA KELAS VIII MTS DARUSSALAM REJOTANGAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL BERBASIS (HOTS) HIGHER ORDER THINKING SKILLS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AKADEMIK PADA MATERI BANGUN RUANG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (719kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (590kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (99kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (390kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (400kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (130kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (241kB) |
Abstract
Kemampuan akademik merupakan gambaran tingkat kemampuan siswa terhadap suatu materi yang sudah dipelajari dan menjadi bekal untuk pengetahuan selanjutnya. Kemampuan akademik juga dipengaruhi oleh faktor kepercayaan diri atau self confendence. Namun, masih banyak ditemui siswa yang memiliki tingkat self confendence rendah, sehingga siswa kesulitan saat menyelesaikan permasalahan pada pembelajaran matematika khususnya masalah berbasis HOTS. Sehingga, pentingnya mengetahui sikap self confidence ditinjau dari kemampuan akademik berguna untuk mengoptimalkan cara penyelesaian soal berbasis HOTS. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan sikap self confidence siswa kelas VIII MTs Darussalam Rejotangan dalam menyelesaikan soal berbasis HOTS materi bangun ruang ditinjau dari kemampuan akademik tinggi, (2) mendeskripsikan sikap self confidence siswa kelas VIII MTs Darussalam Rejotangan dalam menyelesaikan soal berbasis HOTS materi bangun ruang ditinjau dari kemampuan akademik sedang, (3) mendeskripsikan sikap self confidence siswa kelas VIII MTs Darussalam Rejotangan dalam menyelesaikan soal berbasis HOTS materi bangun ruang ditinjau dari kemampuan akademik rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian dilakukan di MTs Darussalam Rejotangan Tulungagung di kelas VIII dengan dipilih 6 subjek dengan kategori 2 subjek berkemampuan akademik tinggi, 2 subjek berkemampuan akademik sedang, dan 2 subjek berkemampuan akademik rendah. Teknik analisis data menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Sikap self confidence siswa dalam menyelesaikan soal HOTS ditinjau dari kemampuan akademik tinggi memenuhi seluruh indikator sikap self confidence yaitu, yakin dengan potensi diri, pengendalian diri yang seimbang, mempertahankan ciri khas sendiri, dan mempunyai pemikiran positif. Juga memenuhi seluruh indikator penyelesaian soal, yaitu menganalisis, mengevaluasi dan mencipta.(2) Sikap self confidence siswa dalam menyelesaikan soal HOTS ditinjau dari kemampuan akademik sedang memenuhi sebagian indikator sikap self confidence yaitu, pengendalian diri yang seimbang, dan mempunyai pemikiran positif. Juga memenuhi sebagian indikator penyelesaian soal, yaitu mengevaluasi dan mencipta.(3) Sikap self confidence siswa dalam menyelesaikan soal HOTS ditinjau dari kemampuan akademik rendah hanya memenuhi indikator sikap self confidence yaitu, pengendalian diri yang seimbang. Juga hanya memenuhi indikator penyelesaian soal, yaitu menganalisis.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Ruang |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204183030 LAILI DESI AYU RISQILAH |
Date Deposited: | 06 Nov 2023 05:22 |
Last Modified: | 06 Nov 2023 05:22 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41741 |
Actions (login required)
View Item |