THE CORRELATION BETWEEN PARENTAL SUPPORT AND STUDENTS' ENGLISH ACHIEVEMENT AT SMPN 1 NGANTRU TULUNGAGUNG

ADINDA NAMIRA RIZKA, 12203193137 (2023) THE CORRELATION BETWEEN PARENTAL SUPPORT AND STUDENTS' ENGLISH ACHIEVEMENT AT SMPN 1 NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (461kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (174kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (125kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (130kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (177kB)

Abstract

Prestasi belajar siswa adalah hasil, keberhasilan, keluasan atau kemampuan, kemajuan dalam belajar pengalaman pendidikan yang ditunjukkan oleh individu dalam kaitannya dengan pembelajaran pendidikannya. Prestasi bahasa Inggris adalah kemampuan, keterampilan, pengetahuan dalam bahasa Inggris yang telah mereka peroleh dalam waktu tertentu. Dalam pendidikan, prestasi ditandai dengan skor, yang dapat diambil dari rata-rata ujian akhir. Dalam proses pembelajaran, dukungan orang tua memiliki peran yang sangat penting. Dukungan orang tua adalah dukungan terhadap anak berupa ketersediaan orang tua untuk menyediakan apa yang dibutuhkan anak, berupa waktu mendampingi anak, pengertian penuh orang tua untuk mengetahui kemampuan dan kekurangan anak, serta penyediaan akses fasilitas yang membantu membangun konsep diri anak. Rumusan masalah penelitian ini adalah: Apakah ada hubungan antara dukungan orang tua dengan prestasi belajar bahasa Inggris siswa di SMPN 1 Ngantru Tulungagung? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dukungan orang tua dengan prestasi belajar bahasa Inggris siswa di SMPN 1 Ngantru Tulungagung. Metode penelitian: 1) Rancangan penelitian adalah penelitian korelasi, 2) Populasi penelitian ini adalah populasi seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Ngantru Tulungagung, 3) Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Alasan penggunaan teknik purposive sampling ini karena cocok digunakan dalam penelitian kuantitatif, atau penelitian yang tidak menggeneralisasi. Sampel yang diambil adalah siswa kelas VII-J yang berjumlah 29 siswa. 4) Instrumen penelitian berupa angket dukungan orang tua dan tes prestasi belajar bahasa Inggris siswa, 5) Analisis data menggunakan Spearman Rank. Hasil penelitian berdasarkan SPSS 20 menunjukkan koefisien korelasi Spearman Rank sebesar 0,637 pada taraf signifikan 0,000. Koefisien korelasi (0,637) berada pada interval 0,51-0,75 dan dari interpretasi penelitian korelasi dikategorikan sebagai korelasi yang kuat. Berdasarkan tingkat signifikansi 0,000 (0,000 < 0,05) disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Oleh karena itu kesimpulan yang dapat ditarik dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara dukungan orang tua dengan prestasi belajar bahasa Inggris siswa di SMPN 1 Ngantru Tulungagung. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi dukungan orang tua maka semakin tinggi pula prestasi belajar bahasa Inggris siswa. Dapat disimpulkan bahwa dukungan orang tua dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: Skripsi 12203193137 Adinda Namira Rizka
Date Deposited: 06 Nov 2023 06:51
Last Modified: 06 Nov 2023 06:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41750

Actions (login required)

View Item View Item