STRATEGI PENGAWAS MADRASAH ALIYAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME KEPALA MADRASAH (Studi Multisitus di Kantor Kementerian Agama Lamongan dan Kantor Kementerian Agama Jombang)

ARIF HIDAYATULLOH, 12501175003 (2023) STRATEGI PENGAWAS MADRASAH ALIYAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME KEPALA MADRASAH (Studi Multisitus di Kantor Kementerian Agama Lamongan dan Kantor Kementerian Agama Jombang). [ Disertasi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (524kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (302kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (533kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (954kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (909kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (542kB)

Abstract

ABSTRAK Arif Hidayatulloh, 2022. Strategi Pengawas Madrasah Aliyah dalam Meningkatkan Profesionalisme Kepala Madrasah (Studi Multisitus di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lamongan dan Jombang), Universitas Islam Negeri UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Promotor: 1) Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag, II) Dr. H. Asrop Safi’i, M.Ag. Kata kunci: Strategi, Pengawas Madrasah, Profesionalisme Kepala Madrasah Pendidikan merupakan salah satu usaha untuk meningkatkan kualitas manusia. Salah satu unsur yang menjadi pendidikan lebih bermutu, adalah sumber daya manusia yaitu pendidik dan tenaga kependidikan, yaitu guru, kepala madrasah dan pengawas madrasah. Untuk meningkatkan keprofesionaisme guru dan kepala madrasah dibutuhkan bimbingan pengawas sebagai pembina. Dalam menjalankan tugas kepengawasannya pengawas madrasah membutuhkan strategi yang akan dipakai dalam melaksanakan tugas pengawasannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menemukan: (1) Strategi perencanaan kepengawasan pengawas madrasah aliyah dalam meningkatkan profesionalisme kepala madrasah (2) strategi implementasi kepengawasan pengawas madrasah aliyah dalam meningkatkan profesionalisme kepala madrasah dan (3) strategi evaluasi kepengawasan pengawas madrasah aliyah dalam meningkatkan profesionalisme kepala madrasah di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lamongan dan Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multisitus. Alasan peneliti memilih kemenag Lamongan dan Jombang karena memiliki kesamaan dalam hal pengawasan, oleh karena itu peneliti memilih kedua instansi tersebut untuk dijadikan objek penelitian. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui dua tahap yaitu analisis data situs tunggal dan analisis data lintas situs. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun teknik pengecekan keabsahan data, yaitu melalui kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Strategi perencanaan kepengawasan pengawas madrasah yaitu: (a) Membentuk teamwork perumus program pengawasan. (b) Merencanakan program sesuai dengan kebutuhan kepala madrasah berdasarkan evaluasi tahun sebelumnya dan dilaksanakan secara kolaboratif. (c) Menyusun program supervisi manajerial yang meliputi pembinaan terhadap kepala madrasah, pemantauan terhadap 8 standar dan kegiatan lain untuk mengukur ketercapaian program. (d) Merencanakan penilaian kepala madrasah dengan membuat jadwal penilaian dan disosialisasikan ke semua kepala madrasah melalui pertemuan kepala madrasah se-KKM. 2) Strategi implementasi kepengawasan pengawas madrasah, yakni: (a) Melaksanakan pembinaan dan pembimbingan secara periodik minimal 3 kali dalam setahun, yakni awal tahun, pertengahan dan di akhir tahun. (b) Melaksanakan pemantauan delapan (8) SNP dan supervisi dan ke kepala madrasah sesuai dengan jadwal perencanaan, (c) Penilaian kinerja kepala madrasah dilaksanakan secara periodik yaitu tahunan dan empat tahunan menggunakan aplikasi PKKM dengan memeriksa dokumen yang ada di madrasah sesuai regulasi dan kebijakan yang berlaku. 3) Strategi evaluasi kepengawasan pengawas, yaitu: (a) Melaksanakan evaluasi pembinaan dan menganalisis hasilnya setelah melakukan pembinaan terhadap kepala madrasah. (b) Evaluasi dan analisis hasil pemantuan dilaksanakan oleh pengawas bina berkolaborasi dengan pengawas lain. (c) Melaksanakan evaluasi dan analisis hasil penilaian dilaksanakan oleh pengawas bina berkolaborasi dengan pengawas lain. Temuan formal penelitian ini ialah Strategi Pengawas Madrasah Kolaboratif Periodik

Item Type: Disertasi
Subjects: Pendidikan > Kepala Sekolah
Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12501175003 ARIF HIDAYATULLOH
Date Deposited: 06 Nov 2023 07:05
Last Modified: 06 Nov 2023 07:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41760

Actions (login required)

View Item View Item