EFEKTIVITAS TEKNIK PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMATANGAN KARIR SISWA SMK MUHAMMADIYAH 2 TULUNGAGUNG

INKA KHOIRUNNISA’, 17306163008 (2023) EFEKTIVITAS TEKNIK PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMATANGAN KARIR SISWA SMK MUHAMMADIYAH 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (552kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (80kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (172kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (128kB)

Abstract

ABSTRAK Inka Khoirunnisa’, 2023, “Efektifitas Layanan Teknik Problem Solving Untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa SMK Muhammadiyah 2 Tulungagung”. Bimbingan Konseling Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Dr. Muh. Sholihuddin Zuhdi, M.Pd. Kata Kunci: Teknik Problem Solving, Kematangan Karir, Siswa SMK Bimbingan kelompok adalah suatu proses yang diberikan oleh guru atau pembimbing kepada suatu kelompok untuk dapat mengambil keputusan serta menyelesaikan masalah yang telah dihadapinya. Sedangkan Problem solving merupakan suatu proses kreatif dimana individu menilai perubahan yang ada pada diri dan lingkungannya, membuat pilihan-pilihan baru, keputusan-keputusan atau penyesuaian yang selaras dengan tujuan dan nilai hidupnya. Permasalahan yang dialami siswa ini yaitu berkaitan dengan kematangan karirnya. Pada usia SMA seringkali siswa mengalami rasa ambigu, ketidakpastian dalam memutuskan karir. Selain itu Siswa mengalami banyak perubahan yang tidak direncanakan serta mendapatkan informasi masih minim terkait karirnya. Rendahnya kematangan karir dapat mempengaruhi keputusan karir yang akan mendatang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan layanan teknik problem solving untuk meningkatkan karir siswa SMK Muhammadiyah 2 Tulungagung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif eksperimen dengan melibatkan 9 siswa SMK Muhammadiyah 2 Tulungagung. Teknik yang digunakan adalah teknik pre-eksperimental dengan desain one group pre-test and post-test design. Instrumen angket digunakan sebagai sumber data yang telah diuji dengan bantuan SPSS versi 23. Terdapat 27 item yang dinyatakan valid dengan taraf signifikansi 5% dan N=30 dengan nilai kritis 0,361. Hasil reliabilitas instrumen dengan koefisien alpha sebesar 0,926. Penelitian ini menggunakan uji hipotesis paired sample T-test untuk mengetahui hasil perbedaan dari pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik problem solving efektif untuk meningkatkan kematangan karir siswa dengan hasil uji paired sample T-test menunjukkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang artinya 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Selain itu dari data juga menunjukkan kenaikan hasil ratarata (mean) kematangan karir pada kelompok eksperimen dengan nilai pre-test sebesar 49,89 menjadi 78,44 termasuk dalam kategori sedang. Dari hasil tersebut bisa disimpulkan bahwa teknik problem solving efektif untuk meningkatkan kematangan karir siswa SMK Muhammadiyah 2 Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Karir
Muhammadiyah
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: 17306163008 INKA KHOIRUNNISA'
Date Deposited: 07 Nov 2023 01:33
Last Modified: 07 Nov 2023 01:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41762

Actions (login required)

View Item View Item