PENGARUH MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR ISLAM AL-HIDAYAH SAMIR NGUNUT TULUNGAGUNG

ANGGI ARUM SARI, 12205193297 (2023) PENGARUH MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR ISLAM AL-HIDAYAH SAMIR NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan Judul “Pengaruh Media Gambar Dalam Meningkatkan Minat Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar Islam Al-Hidayah Samir Ngunut Tulungagung” ditulis oleh Anggi Arum Sari, NIM 12205193297, pembimbing Hafidz Rosyidiana, M.Pd. Kata Kunci: Media Gambar, Minat Belajar, Hasil Belajar. Pendidikan dapat diartikan sebagai pengajaran karena pendidikan pada umumnya selalu membutuhkan pengajaran. Salah satu diantara masalah besar dalam bidang pendidikan di Indonesia yang banyak diperbincangkan adalah rendahnya mutu pendidikan yang tercermin dari rendahnya rata-rata prestasi belajar. Minat belajar yang rendah terhadap suatu mata pelajaran tertentu berakibat pada hasil pembeelajaran yang dicapai peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh atau tidaknya media gambar dalam meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik Sekolah Dasar Islam Al-Hidayah Samir Ngunut Tulungagung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana pengaruh media gambar dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada pelajaran matematika SDI Al-Hidayah Samir Ngunut Tulungagung?, (2) Bagaimana pengaruh media gambar dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pelajaran matematika SDI Al-Hidayah Samir Ngunut Tulungagung?, (3) Bagaimana pengaruh media gambar dalam meningkatkan minat belajar dan hasil belajar peserta didik pada pelajaran matematika SDI Al- Hidayah Samir Ngunut Tulungagung?. Hasil penelitian ini adalah: 1) Hasil t-test untuk variabel media gambar terhadap minat belajar menunjukkan taraf signifikansi 0,003 < 0,05 yang artinya game online berpengaruh dalam meningkatkan minat belajar peserta didik SDI Al Hidayah Samir Ngunut Tulungagung. 2) Hasil uji t-test untuk variabel media gambar berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar menunjukkan taraf signifikansi 0,911> 0,05 yang artinya media gambar tidak berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik SDI Al Hidayah Samir Ngunut Tulungagung. 3) Karena salah satu variabel tidak ada pengaruh maka tidak dapat dilanjutkan uji Multivariate (MANOVA). Peneliti meneliti lebih lanjut tentang alasan media gambar tidak mempengaruhi hasil belajar. Diperoleh beberapa fakta dari menyebar instrumen lanjutan yaitu peserta didik betul-betul membaca soal dan memahami materi matematika tentang satuan berat, panjang, dan waktu, perilaku peserta didik yang dibiasakan tertib oleh guru dan pihak sekolah sewaktu mengerjakan soal.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Minat Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193297 ANGGI ARUM SARI
Date Deposited: 07 Nov 2023 01:46
Last Modified: 07 Nov 2023 01:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41768

Actions (login required)

View Item View Item