PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG TERHADAP MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 2 BLITAR

AIDA CHOLIFATU ROHMAH, 12204193121 (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG TERHADAP MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 2 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (676kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.docx.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (263kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img] Text
BAB VI .pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (179kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat dan hasil belajar matematika siswa. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran tanpa menggunakan media pembelajaran yang menarik. Dengan harapan dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa, salah satunya melalui pembelajaran yang berbasis etnomatematika. Etnomatematika merupakan pembelajaran matematika dengan memahami aktivias atau budaya daerah disekitar. Dalam etnomatematika memotivasi siswa dalam pembelajaran matematika. Melalui penerapan Etnomatematika siswa diharapkan lebih menyukai pembelajaran matematika dengan mengenal budaya yang ada. Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh minat belajar siswa dalam memahami pembelajaran berbasis etnomatematika pada materi bangun ruang. 2) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh hasil belajar siswa dalam memahami pembelajaran berbasis etnomatematika pada materi bangun ruang. 3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh minat belajar dan hasil belajar siswa dalam memahami pembelajaran berbasis etnomatematika pada materi bangun ruang. Penelitian ini mengguanakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi-experimental. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs N 2 Blitar tahun ajaran 2022/2023. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, diperoleh kelas VIII F sebagai kelas eksperimen (30 siswa) dan kelas VIII G sebagai kelas kontrol (28 siswa) dengan populasi siswa kelas VIII (254 siswa). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket dan dokumentasi. Data penelitian ini diambil dari nilai Post-Test dan angket minat belajar yang kemudian dianalisis menggunakan uji MANOVA. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat pengaruh positif pada pembelajaran matematika berbasis etnomatematika pada materi bangun ruang terhadap minat belajar siswa. Hal ini dapat ditunjukkan oleh nilai Sig. pada uji Manova sebesar 0,076 yang berarti 0,076< 0,05. 2) Terdapat pengaruh positif pada pembelajaran matematika berbasis etnomatematika pada materi bangun ruang terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dapat ditunjukkan oleh nilai Sig. pada uji Manova sebesar 0,175 yang berarti 0,175< 0,05. 3) Terdapat pengaruh positif pada pembelajaran matematika berbasis etnomatematika pada materi bangun ruang terhadap materi belajar dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat ditunjukkan oleh nilai Sig. pada uji Manova sebesar 0,201 yang berarti 0,201< 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193121 AIDA CHOLIFATU ROHMAH
Date Deposited: 19 Mar 2024 07:22
Last Modified: 19 Mar 2024 07:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41796

Actions (login required)

View Item View Item