PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI INTERFERENSI DAN DIFRAKSI CAHAYA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MAN 2 BLITAR

MILYANA AMALIA OKTAVIA, 12211193010 (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI INTERFERENSI DAN DIFRAKSI CAHAYA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MAN 2 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (649kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (142kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (80kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning pada Materi Interferensi dan Difraksi Cahaya terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MAN 2 Blitar” ini ditulis oleh Milyana Amalia Oktavia, NIM. 12211193010, Program Studi Tadris Fisika, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Muhammad Luqman Hakim Abbas, S.Si., M.Pd. Kata kunci: Discovery Learning, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarelakangi oleh siswa yang bosan dalam belajar Fisika dan menganggap Fisika itu sulit. Proses pembelajaran Discovery Learning diharapkan dapat membantu siswa dalam belajar Fisika materi interferensi dan difraksi cahaya, sehingga motivasi dan hasil belajar siswa meningkat. Model pembelajaran ini dapat meningkatkan motivasi siswa untuk mendapatkan informasi, mengurangi ketergantungan kepada guru, melatih siswa untuk mengeksplorasi dan memanfaatkan berbagai sumber dalam menggali informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Discovery Learning pada materi interferensi dan difraksi cahaya terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI MAN 2 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experiment, dengan desain penelitian Nonequivalent control group design Populasi penelitian ini yaitu 388 siswa kelas XI MAN 2 Blitar. Sampel penelitian ini yaitu 36 siswa kelas XI MIA 1 untuk kelas eksperimen serta 35 siswa kelas XI MIA 4 untuk kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian adalah dengan menggunakan analisis uji-T, Uji N-gain, uji MANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh penerapan model pembelajaran Discovery Learning pada materi interferensi dan difraksi cahaya terhadap motivasi belajar siswa kelas XI MAN 2 Blitar. (2) Ada pengaruh penerapan model pembelajaran Discovery Learning pada materi interferensi dan difraksi cahaya terhadap hasil belajar siswa kelas XI MAN 2 Blitar. (3) Ada pengaruh penerapan model pembelajaran Discovery Learning pada materi interferensi dan difraksi cahaya terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI MAN 2 Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika > Optik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 12211193010 MILYANA AMALIA OKTAVIA
Date Deposited: 10 Nov 2023 07:10
Last Modified: 10 Nov 2023 07:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41850

Actions (login required)

View Item View Item