ELITA YULIA DAMAYANTI, 12201193305 (2023) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MA SUNAN KALIJOGO KECAMATAN MOJO KABUPATEN KEDIRI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (508kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (297kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (230kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (384kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (718kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (263kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (49kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (194kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul ”Strategi Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MA Sunan Kalijogo Kranding Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri” ditulis oleh Elita Yulia Damayanti, NIM. 12201193305, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2023, yang dibimbing oleh Bapak Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata Kunci: Strategi Guru, Hasil Belajar Akidah Akhlak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah hasil belajar Akidah Akhlak banyak yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal, karena masa pandemi guru tidak dapat mengontrol peserta didik secara maksimal, sehingga berkurangnya minat dan motivasi belajar peserta didik menjadikan hasil belajar peserta didik turun. Dari permasalahan tersebut menjadi tantangan buat para guru untuk mencari dan menerapkan strategi yang tepat dan efisien guna tercapainya hasil belajar peserta didik terutama dalam mata pelajaran Akidah Akhlak. Fokus penelitian ini adalah 1)Bagaimana Perencanaan Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MA Sunan Kalijogo Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri? 2) Bagaimana Pelaksanaan Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MA Sunan Kalijogo Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri?3) Bagaimana Evaluasi Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MA Sunan Kalijogo Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengumpulkan data secara deskriptif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis dalam penelitian ini yaitu, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi (triangulasi teknik, sumber, waktu), mengecek data kepada sumber yang sama dengan teknik yang berbeda. Sedangkan untuk subjek penelitian ini adalah guru akidah akhlak, kepala sekolah, waka kurikulum, dan siswa. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan guru dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Akidah Akhlak, meliputi: a. Penyusunan perencanaan pelaksanaan pembelajaran (RPP). (2) Pelaksanaan guru dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Akidah Akhlak, meliputi: a. Kegiatan Pembelajaran (Kegiatan Pendahuluan, Kegiatan Inti, Kegiatan Penutup) b. Strategi Pembelajaran c. Metode Pembelajaran d. Upaya khusus yang dilakukan guru dengan memberikan motivasi dan perhatian dalam bentuk pujian dan apresiasi dan pemberian tantangan dalam bentuk kuis. (3) Evaluasi guru dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Akidah Akhlak, meliputi: a. Evaluasi Formatif, b. Evaluasi Sumatif.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201193305 ELITA YULIA DAMAYANTI |
Date Deposited: | 15 Nov 2023 08:21 |
Last Modified: | 15 Nov 2023 08:21 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41851 |
Actions (login required)
View Item |