AYU AMALIA RIZKILLAH, 12207183011 (2023) MANAJEMEN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI MAN 1 JOMBANG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (852kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (466kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (269kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (410kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (477kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (663kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (330kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (285kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (391kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul ”Manajemen Kurikulum dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di MAN 1 Jombang” ini ditulis oleh Ayu Amalia Rizkillah, NIM 12207183011, Program Studi Manajemen Penidikan Islam, Fakultas Tarbiyah danIlmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing oleh Dr. Hj. Indah Khomsiyah, S.Ag., M.Pd., NIP. 197605182007012021. Kata kunci : Manajemen Kurikulum, Kualitas Pembelajaran Manajemen kurikulum dalam lembaga pendidikan merupakan komponen terpenting dalam suatu lembaga pendidikan, karena manajemen kurikulum merupakan program yang disediakan oleh lembaga pendidikan untuk mengelola segala sumber daya sehingga dapat mencapai tujuan pendidikan dengan efektif dan efisien. Oleh karena itu diharapkan kepada semua lembaga pendidikan untuk mengelola kurikulum dengan baik, sesuai dengan standart yang ditetapkan pemerintah. Dengan adanya pengelolaan kurikulum yang baik akan menciptakan pembelajaran yang berkualitas. Fokus penelitain pada penelitian ini adalah 1). Bagaimana perencanaan kurikulum dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di MAN 1 Jombang. 2). Bagaimana pelaksanaan kurikulum dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di MAN 1 Jombang. 3). Bagaimana evaluasi kurikulum dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di MAN 1 Jombang. 4) Bagaimana faktor-faktor penghambat dan pendukung manajemen kurikulum dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di MAN 1 Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan interaktif Milles & Huberman, yaitu kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan/verifikasi. Pengecekan keabsahan data dengan menggunakan uji kreadibilitas dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) dalam melaksanakan sebuah perencanaan kurikulum di MAN 1 Jombang yaitu berdasarkan analisis kebutuhan, Evaluasi Diri Madrasah, pedoman kurikulum untuk dijadikan pedoman dan alat pertimbangan pengembilan keputusan. 2) pelaksanaan kurikulum di MAN 1 Jombang yaitu menerapkan Madrasah Unggulan Akademik, Madrasah Keterampilan dan Madrasah Berasrama. 3) evaluasi dilakukan setiap akhir tahun ajaran dengan menggunakan Evaluasi Diri Madrasah (EDM), dan juga evaluasi dengan melakukan pengawasan setiap harinya. Sedangkan evalusi untuk siswa dengan menggunakan penilaian sumantif dan formatif. 4) hambatan yang dialami oleh madrasah, seperti tatanan administrasi penunjang kurikulum, jaringan internet, pendanaan, kurangnya pemahaman guru terhadap IT dan wali murid, sedangkan faktor pendukung antara lain yaitu manajemen kurikulum itu sendiri, sarpras yang memadai, kompetensi guru, wali murid dan pendanaan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Manajemen Pembelajaran Pendidikan > Mutu Pendidikan Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 12207183011 AYU AMALIA RIZKILLAH |
Date Deposited: | 13 Nov 2023 01:50 |
Last Modified: | 13 Nov 2023 01:50 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41857 |
Actions (login required)
View Item |