PEMBELAJARAN KITAB KUNING DENGAN METODE AL MIFTAH LIL ‘ULUM DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN AGAMA ISLAM (Studi Multisitus di Pondok Pesantren Salafiyah Sa’idiyah Arosbaya Bangkalan dan Pondok Pesantren Nurul Hikmah Bangkalan)

FAIQOTUL HIKMAH, 12850621018 (2023) PEMBELAJARAN KITAB KUNING DENGAN METODE AL MIFTAH LIL ‘ULUM DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN AGAMA ISLAM (Studi Multisitus di Pondok Pesantren Salafiyah Sa’idiyah Arosbaya Bangkalan dan Pondok Pesantren Nurul Hikmah Bangkalan). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (877kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (240kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (269kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (729kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB)

Abstract

Tesis yang berjudul “Pembelajaran Kitab Kuning dengan Metode Al Miftah Lil ‘Ulum dalam Meningkatkan Pemahaman Agama Islam (Studi Multisitus di Pondok Pesantren Salafiyah Sa’idiyah Arosbaya Bangkalan dan Pondok Pesantren Nurul Hikmah Bangkalan)” ini ditulis oleh Faiqotul Hikmah, NIM. 12850621018, Jurusan Magister Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Prof. Dr. H. Imam Fuadi, M.Ag. dan Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. Kata Kunci : Kitab Kuning, Al Miftah Lil ‘Ulum, Pemahaman Agama Islam. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena yang terjadi di pondok pesantren Salafiyah Sa’idiyah Arosbaya Bangkalan dan Pondok Pesantren Nurul Hikmah Bangkalan yaitu untuk meningkatkan pemahaman agama Islam dengan menggunakan metode Al Miftah dalam pembelajaran kitab kuning. Hal ini merupakan sesuatu yang menarik, karena metode Al Miftah merupakan salah satu metode yang digunakan untuk mempercepat santri dalam membaca kitab kuning, selain itu metode ini didesain berwarna-warni dan dikombinasikan dengan lagulagu sehingga dapat mempercepat dan memudahkan santri dalam baca kitab kuning. Pertanyaan penelitian dalam tesis ini adalah (1) Bagaimana desain pembelajaran kitab kuning dengan metode Al Miftah Lil ‘Ulum dalam meningkatkan pemahaman agama Islam di pondok pesantren Salafiyah Sa’idiyah Arosbaya Bangkalan dan pondok pesantren Nurul Hikmah Bangkalan? (2) Bagaimana implementasi pembelajaran kitab kuning dengan metode Al Miftah Lil ‘Ulum dalam meningkatkan pemahaman agama Islam di pondok pesantren Salafiyah Sa’idiyah Arosbaya Bangkalan dan pondok pesantren Nurul Hikmah Bangkalan? (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran kitab kuning dengan metode Al Miftah Lil ‘Ulum dalam meningkatkan pemahaman agama Islam di pondok pesantren Salafiyah Sa’idiyah Arosbaya Bangkalan dan pondok pesantren Nurul Hikmah Bangkalan?. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah studi multi situs. Teknik pengumpulan data dengan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan ksimpulan. Adapun pengecekan keabsahan data menggunakan pemeriksaan teman sejawat melalui diskusi, triangulasi, keteralihan (transferability), kebergantungan dependability), dan kepastian (confirmability). Hasil penelitian ini (1) Desain pembelajaran kitab kuning dengan metode Al Miftah Lil ‘Ulum dalam meningkatkan pemahaman agama Islam di pondok pesantren Salafiyah Sa’idiyah Arosbaya Bangkalan dan pondok pesantren Nurul Hikmah Bangkalan menjadi beberapa bagian yaitu dengan merumuskan perencanaan pembelajaran Al Miftah, menentukan materi yang harus dikuasi pendidik, menentukan media apa saja untuk menunjang kelancaran pembelajaran Al Miftah, dan menentukan tujuan penerapan metode Al Miftah. (2) Implementasi pembelajaran kitab kuning dengan metode Al Miftah Lil ‘Ulum dalam meningkatkan pemahaman agama Islam di pondok pesantren Salafiyah Sa’idiyah Arosbaya Bangkalan dan pondok pesantren Nurul Hikmah Bangkalan diimplementasikan melalui tiga kegiatan yakni pertama pendahuluan, kegiatan inti pembelajaran Al Miftah, dan kegiatan penutup. (3) Evaluasi pembelajaran kitab kuning dengan metode Al Miftah Lil ‘Ulum dalam meningkatkan pemahaman agama Islam di pondok pesantren Salafiyah Sa’idiyah Arosbaya Bangkalan dan pondok pesantren Nurul Hikmah Bangkalan adalah pendidik melihat respon santri ketika pembelajaran metode Al Miftah, melihat hasil dalam mengimplementasikan metode Al Miftah saat pembelajaran berlangsung dengan adanya tes tulis, tes lisan, dan di prakttikkan dalam kitab Fathul Qarib.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pondok pesantren
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12850621018 FAIQOTUL HIKMAH
Date Deposited: 13 Nov 2023 03:28
Last Modified: 13 Nov 2023 03:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41870

Actions (login required)

View Item View Item