ANALISIS STRATEGI KEGIATAN DRUMBAND DALAM PENGEMBANGAN KETERAMPILAN SOSIAL EMOSIONAL PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA RADEN FATAH PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

REVA WAHYU TRIYANANINGSIH, 12206193111 (2023) ANALISIS STRATEGI KEGIATAN DRUMBAND DALAM PENGEMBANGAN KETERAMPILAN SOSIAL EMOSIONAL PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA RADEN FATAH PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (306kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (181kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (763kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (17kB) | Preview

Abstract

Triyananingsih, Reva Wahyu. 12206193111. 2023. Analisis Strategi Kegiatan Drumband dalam Pengembangan Keterampilan Sosial Emosional pada Anak Usia 5-6 Tahun di RA Raden Fatah Podorejo Sumbergempol Tulungagung. Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing : Ibu Errifa Susilo, M.Pd Kata Kunci: Drumband, Sosial Emosional Penelitian ini dilatar belakangi oleh kegiatan drumband yang dilakukan lembaga pendidikan TK/RA. Mengenalkan kegiatan drumband pada anak tentu tidak mudah, namun dampaknya cukup mengembangkan aspek pada mereka terutama sosial emosionalnya. Sosial emosional adalah salah satu aspek perkembangan penting yang harus dikembangkan pada anak usia dini karena berkaitan dengan kehidupan manusia sebagai makhluk sosial yang selalu berinteraksi dengan orang lain dan emosional merupakan perasaan yang ada disetiap diri seseorang baik bersifat positif maupun negatif. Jadi, perkembangan sosial emosional saling berkaitan untuk memudahkan anak bergaul dengan sesama dan bisa memahami perasaan sendiri maupun perasaan orang lain. Fokus penelitian ini adalah: 1). Bagaimana pelaksanaan kegiatan drumband di RA Raden Fatah Podorejo?, 2). Bagaimana dampak kegiatan drumband pada capaian perkembangan anak di RA Raden Fatah Podorejo?, 3). Apa kendala yang dihadapi pada saat melakukan kegiatan drumband di RA Raden Fatah Podorejo?, 4). Bagaimana solusi yang dilakukan untuk menghadapi kendala kegiatan drumband di RA Raden Fatah Podorejo?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini ialah usia 5-6 tahun yaitu kelompok B. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya adalah: 1). Pelaksanaan kegiatan drumband rutin dilakukan minimal 1x dalam seminggu dan dilatih oleh gurunya sendiri. 2). Dampak kegiatan drumband pada capaian perkembangan anak diantaranya sosial emosional, seni, kognitif, bahasa dan fisik motorik. 3). Kendala yang dihadapi yaitu besarnya biaya kegiatan, kurangnya jumlah alat yang dimiliki, fokus anak mudah terpecahkan, stamina anak yang perlu dijaga, dan adanya keraguan pada orangtua. 4). Solusi yang dilakukan yaitu diadakan rapat, guru lebih sabar melatih anak dan memberikan pelatihan yang menyenangkan, koordinasi antara guru dan orangtua untuk memberikan vitamin dan makanan yang bergizi, dan pembuktian pada orangtua bahwa anak mereka bisa mengikuti kegiatan drumband dengan baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206193111 REVA WAHYU TRIYANANINGSIH
Date Deposited: 07 Dec 2023 04:42
Last Modified: 07 Dec 2023 04:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41881

Actions (login required)

View Item View Item