MUHAMMAD RIZAL, 12209183088 (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-POCKET BOOK BERBASIS FLIP PDF PROFESIONAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII DI SMPN 2 KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (740kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (589kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (206kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (358kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (390kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (391kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (231kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (210kB) |
Abstract
Skripsi yang berjudul “Pengembangan Bahan Ajar E-Pocket Book Berbasis Flip Pdf Profesional Untuk Meningkatkan Minat Belajar IPS Siswa Kelas VIII di SMPN 2 Kademangan Blitar” ini ditulis oleh Muhammad Rizal, NIM. 12209183088, pembimbing Bagus Setiawan, M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan Bahan Ajar, E-Pocket Book, Minat Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya semangat siswa saat proses pembelajaran, dilihat dari banyak siswa yang kurang memperhatikan guru saat menerangkan, serta kurangnya konsentrasi siswa. Oleh karena itu, perlu adanya sebuah inovasi baru yang dapat membuat pembelajaran lebih menarik dan siswa lebih minat dalam pembelajaran IPS, dengan memanfaatkan bahan ajar berupa EPocket Book ini diharapkan dapat meningkatkan minat belajar siswa di kelas VIII di SMPN 2 Kademangan. Rumusan masalah serta tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan bahan ajar E-Pocket Book berbasis Flip Pdf Profesional. Bagaimana tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan bahan ajar E-Pocket Book berbasis Flip Pdf Profesional untuk meningkatkan minat belajar siswa dan untuk mengetahui penerapan bahan ajar E-Pocket Book berbasis Flip Pdf Profesional pada siswa kelas VIII di SMPN 2 Kademangan. Model pengembangan yang peneliti gunakan yaitu model pengembangan Borg dan Gall. Hasil uji validasi oleh ahli media menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dengan rata-rata presentase 87,7%. Hasil uji ahli materi juga menunjukkan kriteria valid yakni dengan rata-rata presentase 90,9%. Kemudian, untuk hasil validasi oleh guru menujukkan bahan ajar memenuhi kriteria valid yakni sebesar 85%. hasil uji kepraktisan juga memenuhi kriteria kepraktisan yaitu melalui angket respon siswa yang menyatakan bahan ajar praktis digunakan, dilihat dari nilai ketuntasan siswa dimana hasil belajar siswa lebih dari 75% yaitu 86,6%. Hasil uji keefektifan bahan ajar menunjukkan bahwa hasil pengujian paired simples test data hasil test diperoleh nilai sig. (2- tailed) yaitu 0,000 hasil nilai rata-rata post test sebesar 77,5 Lebih baik dari nilai rata-rata pre test yaitu 71,1. Dari hasil data yang diperoleh dapat dinyatakan efektif digunakan untuk meningkatkan minat siswa terutama dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VIII.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Minat Belajar Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 12209183088 MUHAMMAD RIZAL |
Date Deposited: | 14 Nov 2023 04:57 |
Last Modified: | 14 Nov 2023 04:57 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41928 |
Actions (login required)
View Item |