PENANAMAN NILAI RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK MELALUI EKSTRAKURIKULER KEROHANIAN ISLAM DI SMK NEGERI KEBONAGUNG PACITAN

DEWI TUTI ALAWIYAH, 12201173372 (2023) PENANAMAN NILAI RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK MELALUI EKSTRAKURIKULER KEROHANIAN ISLAM DI SMK NEGERI KEBONAGUNG PACITAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (566kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (216kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Penanaman Nilai Religiusitas Peserta Didik Melalui Ekstrakurikuler Kerohanian Islam di SMK Negeri Kebonagung Pacitan” ini ditulis oleh Dewi Tuti Alawiyah, NIM 12201173372, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh: Mirna Wahyu Agustina, M.Psi. Kata Kunci: Religiusitas, Ekstrakurikuler dan Kerohanian Islam Budaya globalisasi yang melanda kehidupan masyarakat saat ini telah merambah kepada peserta didik, sehingga para peserta didik ikut terpengaruh oleh maraknya budaya globalisasi yang akibatnya dapat merusak moral serta kemerosotan pada nilai religiusitas. Upaya penanaman nilai religiusitas di sekolah penting untuk dilakukan, yaitu melalui kegiatan ekstrakurikuler Kerohanian Islam (rohis). Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana proses penanaman nilai religiusitas peserta didik melalui ekstrakurikuler kerohanian Islam di SMK Negeri Kebonagung Pacitan?, (2) Apa saja faktor penghambat dalam penanaman nilai religiusitas peserta didik melalui ekstrakurikuler kerohanian Islam di SMK Negeri Kebonagung Pacitan?, (3) Bagaimana peran guru pembina dalam penanaman nilai religiusitas peserta didik melalui ekstrakurikuler kerohanian Islam di SMK Negeri Kebonagung Pacitan? Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, teknik wawancara (interview) dan teknik dokumentasi. Analisis data dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan cara perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Proses penanaman nilai religiusitas peserta didik melalui ekstrakurikuler kerohanian Islam dilakukan dengan kegiatan yang bernuansa keagamaan di sekolah seperti kegiatan yang mendukung berkembangnya religiusitas pada peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler kerohanian Islam. 2) Faktor Penghambat dalam Penanaman Nilai Religiusitas Peserta Didik Melalui Ekstrakurikuler Kerohanian Islam peserta didik yang kurang memahami terhadap nilai religiusitas, arahan dari orang tua pada saat tidak berada di lingkungan sekolah masih kurang, mindset atau pola pikir peserta didik yang tertuju pada pekerjaan sehingga religiusitas ataupun ibadah kurang diperhatikan. 3) Peran guru pembina dalam penanaman nilai religiusitas Peserta Didik melalui ekstrakurikuler kerohanian Islam yaitu membina, mendampingi, dan memberikan contoh dan keteladanan serta dukungan penuh kepada peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173372 DEWI TUTI ALAWIYAH
Date Deposited: 17 Jan 2024 08:09
Last Modified: 17 Jan 2024 08:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41934

Actions (login required)

View Item View Item