PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBENTUKAN PERILAKU TERPUJI PESERTA DIDIK DI MTs MIFTAAHUL ULUUM SUTOJAYAN BLITAR

AMAR ROZIQ, 1 2201183132 (2023) PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBENTUKAN PERILAKU TERPUJI PESERTA DIDIK DI MTs MIFTAAHUL ULUUM SUTOJAYAN BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (941kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (683kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (412kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (682kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (877kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (488kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Perilaku Terpuji Peserta Didik di MTs Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar” ini ditulis oleh Amar Roziq, NIM. 12201183132. Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Moh. Mashudi, M.Pd.I. NIDN. 2003018502. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Perilaku Terpuji Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya problematika yang dihadapi madrasah saat ini yang dituntut tidak hanya mencerdaskan peserta didik saja. Tetapi madrasah harus mampu menanamkan pendidikan karakter pada peserta didik. Pendidikan karakter sangat berperan penting bagi suatu aturan atau norma yang digunakan sebagai pedoman dalam bersikap dan berperilaku. Oleh karena itu, setiap orang yang berada di lingkungan madrasah harus mampu menanamkan pendidikan karakter pada peserra didik menuju pada kebiasaan yang sesuai dengan aturan norma yang berlaku. Fokus dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan pendidikan karakter dalam pembentukan perilaku terpuji peserta didik di MTs Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar?, (2) Bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembentukan perilaku terpuji peserta didik di MTs Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar?, (3) Bagaimana evaluasi pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembentukan perilaku terpuji peserta didik di MTs Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian di MTs Miftaahul Uluum Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar, sumber datanya diperoleh melalui sumber data primer dan sekunder. Dengan menggunakan metode pengumpulan data menggunakan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan pengecekan keabsahan datanya menggunakan ketentuan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi dan diskusi dengan Teman. Dalam menganalisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian yang didapat adalah: (1) Kepala Madrasah setiap awal dan akhir tahun mengadakan rapat dinas bersama semua guru untuk merumuskan program penanaman pendidikan karakter. (2) Pelaksanaan pendidikan karakter di madrasah dilaksanakan pada kegiatan pembelajaran di dalam kelas, pengembangan budaya sekolah, kegiatan ekstrakurikuler, dan kegiatan keseharian di rumah atau di masyarakat. Pembiasaan yang dilaksanakan untuk menanamkan nilai-nilai karakter yaitu pembiasaan religius, jujur, disiplin dan cinta tanah air. (3) Guru memonitoring kegiatan siswa di dalam madrasah bahkan sampai di luar madrasah. Setiap warga madrasah mempunyai kewajiban untuk mematuhi aturan dan setiap warga sekolah berhak menegur ketika terjadi pelanggaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183132 AMAR ROZIQ
Date Deposited: 15 Nov 2023 03:14
Last Modified: 15 Nov 2023 03:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41953

Actions (login required)

View Item View Item