PENGARUH MEDIA POHON ANGKA TERHADAP KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK DHARMA WANITA IBUNDA RINGINSARI

MIRZA SHEILA SOFIANA, 12206193014 (2023) PENGARUH MEDIA POHON ANGKA TERHADAP KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK DHARMA WANITA IBUNDA RINGINSARI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (967kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (275kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (267kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “ Pengaruh Media Pohon Angka Terhadap Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia 5-6 Tahun di TK Dharma Wanita Ibunda Ringinsari” yang ditulis oleh Mirza Sheila Sofiana, NIM 12206193014, pembimbing Errifa Susilo, M.Pd Kata Kunci: Pohon Angka, Kecerdasan Logika Matematika Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan logika matematika anak usia 5-6 tahun dengan media pohon angka di TK Dharma Wanita Ibunda Ringinsari Kandat Kediri. Kecerdasan logika matematika ini meliputi kemampuan berpikir simbolik dan memecahkan masalah secara logika. Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa kecerdasan logika matematika pada anak masih minim. Minimnya kecerdasan logika matematika dibuktikan dengan hasil PISA 2018 Indonesia di kategori matematika yang memperoleh peringkat 74 dari 79 negara. Kurangnya inovasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru menjadi salah satu penyebab anak usia 5-6 tahun menjadi kurang bersemangat dalam pembelajaran yang berkaitan dengan angka. Salah satu upaya yang digunakan untuk meningkatkan kecerdasan logika matematika adalah dengan menggunakan media pohon angka sebagai media belajar yang menyenangkan untuk anak. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh media pohon angka terhadap kecerdasan logika matematika anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Ibunda Ringinsari (2) Seberapa besar pengaruh media pohon angka terhadap kecerdasan logika matematika anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Ibunda Ringinsari. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh media pohon angka terhadap kecerdasan logika matematika anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Ibunda Ringinsari dan seberapa signifikan pengaruh tersebut. Jenis dan pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data dan uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan program SPSS 22.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum nilai mean, nilai maksimum dan minimum pada kelompok eksperimen dan kontrol memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Hasil analisis uji t-independent sample t-test menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05. Nilai signifikansi (0,000 < 0,05) maka Ho ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh media pohon angka terhadap kecerdasan logika matematika anak usia 5-6 Tahun di TK Dharma Wanita Ibunda Ringinsari dan besarnya peningkatan yaitu sebesar 84% tergolong besar yang dihitung menggunakan rumus effect size

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > PAUD
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Anak
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206193014 Mirza Sheila Sofiana
Date Deposited: 15 Nov 2023 08:14
Last Modified: 15 Nov 2023 08:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41967

Actions (login required)

View Item View Item