PENGARUH METODE PROBING-PROMPTING LEARNING BERBASIS TEORI BRUNER TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI JAJARGENJANG SISWA KELAS VII SMPN 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

IFTIDA’UR ROHMAH, 2814123087 (2016) PENGARUH METODE PROBING-PROMPTING LEARNING BERBASIS TEORI BRUNER TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI JAJARGENJANG SISWA KELAS VII SMPN 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I (FIX).pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II (FIX).pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III (FIX).pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV (FIX).pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V (FIX).pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI (FIX).pdf

Download (891kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Iftida’ur Rohmah. 2814123087. 2016. Pengaruh Metode Probing-Prompting Learning Berbasis Teori Bruner Terhadap Hasil Belajar Materi Jajargenjang Siswa Kelas VII SMPN 2 Sumbergempol-Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika (TMT), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Pembimbing: Maryono, M. Pd. Kata Kunci : Metode Probing-Prompting Learning, Teori Bruner, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi dari siswa dalam proses belajar, terutama mata pelajaran Matematika, karena mayoritas dari mereka masih menganggap Matematika sebagai momok yang menakutkan. Padahal jika seorang pendidik mampu menciptakan suasana kelas yang menyenangkan dan mampu membawa dunia anak didik ke dalam dunia kita, maka tidak ada lagi anggapan bahwa Matematika itu suatu momok yang menakutkan. Maka dari itu sebagai seorang pendidik harus memiliki kompetensi yang mumpuni dalam bidangnya, sehingga mampu merubah anggapan negatif siswa terhadap Matematika menjadi anggapan yang lebih positif, salah satunya dengan cara merubah pola pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan lebih mudah dipahami oleh siswa. Dalam hal ini peneliti berusaha untuk menerapkan Metode Probing-Prompting Learning berbasis Teori Bruner dalam meningkatkan hasil belajar pada Materi Jajargenjang. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh Metode Probing-Prompting Learning Berbasis Teori Bruner Terhadap Hasil Belajar Materi Jajargenjang Siswa Kelas VII SMPN 2 Sumbergempol-Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 2 Sumbergempol-Tulungagung yang terdiri dari 8 kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas VII A dan VII B, adapun kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan (1) teknik tes, (2) teknik observasi, dan (3) teknik dokumentasi. Teknik tes yang digunakan adalah post-test, untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi Jajargenjang setelah diberi perlakuan menggunakan Metode Probing-Prompting Learning Berbasis Teori Bruner dan menggunakan metode konvensional. Teknik observasi digunakan untuk mengamati kegiatan di kelas selama kegiatan pembelajaran. Teknik dokumentasi digunakan peneliti untuk memperoleh data dari sekolah yang terkait tentang keadaan sekolah, daftar nama dan nilai siswa. Berdasarkan hasil uji normalitas dan uji homogenitas data hasil post-test dari kedua kelas tersebut diperoleh bahwa kedua kelas tersebut berdistribusi normal dan homogen. Sehingga untuk uji hipotesis menggunakan uji-t. Menurut hasil penelitian dan pembahasan perhitungan uji-t disimpulkan bahwa t_(hitung )=7,223>t_(tabel )=2,009 pada taraf signifikansi 5% dengan pengaruh sebesar 30,23%, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu “Ada pengaruh yang signifikan pada penerapan Metode Probing-Prompting Learning Berbasis Teori Bruner Menggunakan Terhadap Hasil Belajar Materi Jajargenjang Siswa Kelas VII SMPN 2 Sumbergempol-Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016”.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814123087 IFTIDA’UR ROHMAH
Date Deposited: 15 Dec 2016 07:59
Last Modified: 15 Dec 2016 07:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4197

Actions (login required)

View Item View Item