STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN MORAL SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH PLUS AL ISTIGHOTSAH PANGGUNGREJO TULUNGAGUNG

REFI FIKA DILLA NURSAMSIAH, 12205193085 (2023) STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN MORAL SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH PLUS AL ISTIGHOTSAH PANGGUNGREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (306kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (309kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (221kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (678kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (234kB) | Preview

Abstract

Penanaman moral memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan perilaku yang baik pada individu, terutama pada tahap perkembangan anak. Apalagi di era perkembangan tekhnologi yang berkembang saat ini, generasi bangsa Indonesia mulai mengalami kemrosotan moral yang mana semakin hari moralnya kian menurut. Apabila krisis moral ini tidak segera ada tindakan lebih lanjut maka akan sangat berpengaruh terhadap bangsa Indonesia ke depannya. Oleh karena itu, penanaman moral sangatlah diperlukan guna membentuk anak bangsa yang berakhlakul karimah. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan moral di Madrasah Ibtidaiyah Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung? (2) Bagaimana evaluasi strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan moral di Madrasah Ibtidaiyah Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung? (3) Bagaimana dampak dari penerapan penanaman nilai – nilai pendidikan moral di Madrasah Ibtidaiyah Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung? Penelitian ini menggunakan penelitian kualitiatif deskriptif, sumber datanya adalah kepala madrasah, guru kelas V dan VI dan siswa kelas V dan VI di MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Paparan data dan analisis data dilakukan dengan teknik pengumpulan data, reduksi data, pemaparan data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan melalui peningkatan ketekunan, triangulasi, dan diskusi teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan penanaman moral dilakukan dengan cara guru meberikan ceramah, pembiasaan, nasehat, menyisipkan di mata pelajaran mengenai akhlakul karimah, memberikan suri tauladan/contoh yang baik dan terus menerus mengingatkan kepada siswa agar berperilaku yang lebih baik kedepannya. (2) Evaluasi yang digunakan dalam menanamkan pendidikan moral pada siswa dengan penilaian melalui raport, mengadakan rapat antara kepala sekolah dengan guru, guru dengan guru, maupun guru dengan wali murid, mengamati siswa secara langsung, serta catatan harian dari guru untuk siswanya. (3) Dampak dari penerapan penanaman moral siswa yaitu siswa menjadi lebih baik akhlaknya, yang tadinya tingkah lakunya kurang baik menjadi lebih baik, menjadi terbiasa melakukan hal-hal baik, menjadi pribadi yang bermanfaat bagi dirinya, orang lain, maupun masyarakat, tidak pilih-pilih dalam berteman, dan tugas yang diberikan oleh guru maupun orang tua pun juga akan dikerjakan dengan maksimal.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Peserta Didik
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193085 REFI FIKA DILLA NURSAMSIAH
Date Deposited: 16 Nov 2023 06:28
Last Modified: 16 Nov 2023 06:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41983

Actions (login required)

View Item View Item