HELMI SILVA INDRI RAHAYU, 12201173414 (2023) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK DI SMP RAUDLATUL MUSTOFA REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (554kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (403kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (242kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (498kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (346kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (73kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (193kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Religiusitas Peserta Didik di SMP Raudlatul Musthofa Rejotangan Tulungagung” ditulis oleh Helmi Silva Indri Rahayu, NIM. 12201173414, Program Studi Pendidikan Guru Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Muhamad Zaini, M.A. Kata Kunci: Strategi Guru, Meningkatkan Religiulitas Pendidikan Islam merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari peran manusia sebagai khalifah di muka bumi. Keberadaan pendidikan agama Islam bertujuan untuk meningkatkan potensi keagamaan dan membentuk peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Strategi guru pendidikan agama Islam sangat diperlukan untuk meningkatkan nilai-nilai agama melalui pengetahuan keberagaman yang baik, siswa dapat meningkatkan ketaqwaan dan keimanannya kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berilmu dan menjadi warga negara yang bertanggung jawab. Pengetahuan agama yang baik pastinya akan meningkatkankan sisi religiulitas peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan strategi guru PAI dalam meningkatkan religiusitas peserta didik di dalam kelas pada SMP Raudlatul Musthofa Rejotangan Tulungagung (2) Untuk mendeskripsikan strategi guru PAI dalam meningkatkan religiusitas peserta didik di luar kelas pada SMP Raudlatul Musthofa Rejotangan Tulungagung. Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data didapatkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahap-tahap analisis data penelitian melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data melalui uji kepercayaan (Credibility), uji keteralihan (Tranferability), uji kebergantungan (Dependability), dan uji kepastian (Confirmability). Hasil penelitian : (1) Pembelajaran dalam kelas di SMP Raudlatul Mustofa Rejotangan Tulungagung mengunakan metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan pemberian tugas serta evaluasi melalui penilaian ujian kenaikan kelas maupun kelulusan. (2) Kegiatan di luar kegiatan pembelajaran kelas di SMP Raudlatul Mustofa Rejotangan Tulungagung yaitu guru PAI yang selalu mendampingi siswa melaksanakan shalat dhuha dan shalat dhuhur serta dilakukan absensi melalui pembiasaan, keteladanan, pemberian ganjaran (hadiah), serta pemberian hukuman bagi peserta didik yang kurang disiplin dan terakhir evaluasi berupa penilaian ujian praktek.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S1 12402173355 Frendie Ardie Tama |
Date Deposited: | 16 Nov 2023 02:33 |
Last Modified: | 16 Nov 2023 02:33 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41994 |
Actions (login required)
View Item |