PENGUATAN NILAI-NILAI ASWAJA DALAM MEMBENTUK KARAKTER PELAJAR PANCASILA (Studi Multisitus di MI Karangturi Munjungan dan MI Masaran II Munjungan)

MOHAMMAD SHOLIKUL ANAM, 12850521019 (2023) PENGUATAN NILAI-NILAI ASWAJA DALAM MEMBENTUK KARAKTER PELAJAR PANCASILA (Studi Multisitus di MI Karangturi Munjungan dan MI Masaran II Munjungan). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (167kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (146kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (98kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (140kB)

Abstract

Tesis dengan judul “Penguatan Nilai-nilai Aswaja dalam Membentuk Karakter Pelajar Pancasila (Studi Multisitus di MI Karangturi munjungan dan MI Masaran II Munjungan)”, ini ditulis oleh Mohammad Sholikul Anan NIM 12850521019, dengan promotor Prof. Dr. Nur Kholis, S.Ag., M.Pd. dan Dr. H. Imam Junaris, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci: Nilai Aswaja, Karakter, dan Pelajar Pancasila Penghayatan terhadapa nilai-nilai aswaja baik didalam kelas, luar kelas maupun luar sekolahan. Kedua adanya indikasi penguatan nilai-nilai dan sikap ahlusunah waljamaah dalam membentuk karakter pelajar pancasila yang dilaksanakan, maka dari itu setidaknya telah melatar belakangi peneliti untuk mengadakan penelitian yang berjudul “Penguatan Nilai -Nilai Aswaja Dalam Membentuk Karakter Pelajar Pancasila (Studi multisitus di MI Karangturi Munjungan dan MI Masaran II”. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana penguatan nilai tawasuth dalam membentuk karakter pelajar pancasila di MI karangturi Munjungan dan MI Masaran II Munjungan?. 2) Bagaimana penguatan nilai tawazun dalam membentuk karakter pelajar pancasila di MI karangturi Munjungan dan MI Masaran II Munjungan?. 3) Bagaimana penguatan nilai tasamuh dalam membentuk karakter pelajar pancasila di MI karangturi Munjungan dan MI Masaran II Munjungan?. 4) Bagaimana penguatan nilai i’tidal dalam membentuk karakter pelajar pancasila di MI karangturi Munjungan dan MI Masaran II Munjungan?. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi multisitus. Sumber data yang digunakan adalah person, place, dan paper. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan interaktif dan berlangsung terus menerus sampai selesai aktifitas analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data, peneliti menggunakan teknik triangulasi, perpanjangan keikutsertaan dan ketekunan pengamatan. Hasil temuan peneliti terkait 1) Penguatan nilai tawasuth melalui: mematuhi peraturan, pembiasaan tawadu’, kegiatan ziarah kubur, dan kegiatan diskusi dapat membentuk karakter pelajar pancasila aspek berkebhinekaan global, bertakwa kepada tuhan YME dan berakhlakul karimah, bernalar kritis, dan mandiri 2) Penguatan nilai tawazun melalui: ekstrakurikuler umum, ekstrakurikuler sholawat, dan kegiatan keagamaan dapat membentuk karakter pelajar pancasila aspek kreatif, berkebhinekaan global, dan bertakwa kepada tuhan YME dan berkhlakul karimah. 3) Penguatan nilai tasamuh melalui: kegiatan jumat bermal, jumat bersih, kegiatan santunan anak yatim, dan kegiatan diskusi dapat membentuk karakter pelajar pancasila aspek gotong royong, bernalar kritis, mandiri, dan berkebhinekaan global. 4) Penguatan nilai i’tidal melalui: gerakan anti bullying, dan kegiatan tahfid dapat membentuk karakter pelajar pancasila aspek bernalar kritis, dan berkebhinekaan global.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Pascasarjana > Thesis > PGMI
Depositing User: 12850521019 MOHAMMAD SHOLIKUL ANAM
Date Deposited: 17 Nov 2023 07:36
Last Modified: 17 Nov 2023 07:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42000

Actions (login required)

View Item View Item