PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V DI MI NURUL ULUM RONGDURIN TANAH MERAH BANGKALAN

USWATUN HASANAH, 12205193289 (2023) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V DI MI NURUL ULUM RONGDURIN TANAH MERAH BANGKALAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (190kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (61kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (215kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (106kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V di MI Nurul Ulum Rongdurin Tanah Merah Bangkalan” ini ditulis oleh Uswatun Hasanah, NIM. 12205193289. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing Lailatuzz Zuhriyah, M.Fil.I., NIP. 198605282014032002. Kata Kunci: Tingkat Pendidikan Orang Tua, Motivasi Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keinginan peneliti untuk menguji kembali teori tentang tingkat pendidikan orang tua yang diungkapkan oleh Yohana, n.d. dan teori motivasi belajar yang diungkapkan oleh Hamzah B. Uno. Dalam teorinya Yohana, n.d mengatakan bahwa tingkat pendidikan orang tua sangat berperan penting terhadap anaknya agar memiliki prestasi yang baik, karena pendidikan awal diperoleh dari lingkungan keluarganya. Sementara Hamzah B. Uno mengungkapkan bahwasannya motivasi dikatakan sebagai perbedaan antara dapat melaksanakan atau akan melaksanakan. Motivasi lebih dekat dengan mau melaksanakan suatu tugas untuk mencapai tujuan tertentu yang telah ditetapkan. Untuk mengungkapkan kedua teori tersebut maka peneliti berupaya untuk menguji kembali teori tersebut di MI Nurul Ulum Rongdurin Tanah Merah Bangkalan. pemilihan di MI Nurul Ulum Rongdurin Tanah Merah Bangkalan sebagai fokus penelitian karena tingkat pendidikan orang tua antara tingkat pendidikan ayah dan ibu semua sama akan tingkatannya, karena berdasarkan data awal tingkat pendidikan orang tua di MI Nurul Ulum Rongdurin Tanah Merah Bangklan cukup rendah. Rumusan masalah peneliti ini meliputi: 1. Adakah pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap hasil belajar peserta didik kelas V di MI Nurul Ulum Rongdurin Tanah Merah Bangkalan? 2. Adakah pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik kelas V di MI Nurul Ulum Rongdurin Tanah Merah Bangkalan? 3. Adakah pengaruh tingkat pendidikan orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik kelas V di MI Nurul Ulum Rongdurin Tanah Merah Bangkalan? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian kuantitatif yang digunakan adalah penelitian asosiatif. Populasi penelitian ini seluruh siswa di MI Nurul Ulum Rongdurin Tanah Merah Bangkalan menggunakan teknik sampling non probability sampling jenis sampling jenuh. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas V. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu: angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu uji regresi linier ganda. Hasil penelitian ini sebagai berikut: 1. Tidak ada pengaruh positif dan signifikan antara tingkat pendidikan orang tua terhadap hasil belajar peserta didik kelas V di MI Nurul Ulum Rongdurin Tanah Merah Bangkalan. Tingkat pendidikan orang tua belum bisa menemukan dikarenakan data tingkat pendidikan orang tua tidak ada variasi tingkat pendidikan yang beragam. 2. Tidak ada pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik kelas V di MI Nurul Ulum Rongdurin Tanah Merah Bangkalan. H o diterima dan H a ditolak, karena nilai t hitung xix 0.412 < nilai t tabel 1.771 atau nilai signifikansi 0.687 > 0.05. 3. Tidak ada pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama antara tingkat pendidikan orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik kelas V di MI Nurul Ulum Rongdurin Tanah Merah Bangkalan. H o diterima dan H a ditolak, karena nilai f hitung 0.169 < nilai f tabel 3.81 atau nilai signifikansi 0.687 > 0.05. Kemudian dapat disimpulkan tidak ada pengaruh positif atau signifikan antara tingkat pendidikan orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik kelas V di MI Nurul Ulum Rongdurin Tanah Merah Bangkalan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan
Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193289 USWATUN HASANAH
Date Deposited: 22 Nov 2023 02:11
Last Modified: 22 Nov 2023 02:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42035

Actions (login required)

View Item View Item