PUTRI SALSABILA ARRSADA, 12205193191 (2023) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MI ISLAMIYAH SUKOHARJO KECAMATAN PLEMAHAN KEDIRI. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (977kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (609kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (220kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (673kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (394kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (239kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (584kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (327kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “ Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di MI Islamiyah Kecamatan Plemahan Kediri” yang ditulis oleh Putri Salsabila Arrasada, NIM 12205193191, program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Mirna Wahyu Agustina, M.Psi. Kata Kunci : Peran Guru, Motivasi Belajar, Matematika Peran guru sangat penting karena guru merupakan sebagai sumber belajar peserta didik. Karena besarnya peran guru sehingga tinggi rendahnya hasil belajar bahkan mutu pendidikan dikembalikan kepada guru. Peserta didik sendiri memiliki minat yang sedikit terhadap pembelajaran matematika. Hal itu mempengaruhi tinggi rendahnya hasil belajar peserta didik, karena kurangnya minat dan motivasi belajar peserta didik dalam matematika. Motivasi sendiri berfungsi sebagai pendorong untuk mencapai hasil yang baik. Penelitian ini penting karena dengan adanya peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika di MI Islamiyah Sukoharjo pastinya siswa akan mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Fokus pada penelitian ini yaitu 1). Bagaimana peran guru sebagai pengelola kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika di MI Islamiyah Sukoharjo, 2) Bagaimana peran guru sebagai mediator dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran matematika di MI Islamiyah Sukoharjo, dan 3). Bagaimana peran guru sebagai demonstrator dalam meningkatkan motivasi belajar matematika di MI Islamiyah Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi, perpanjangan pengamatan, dan meningkatkan ketekunan. Hasil penelitian ini yaitu guru berperan untuk meningkatkan motivasi belajar peseta didik sebagai pengelola kelas guru membuat kondisi kelas menjadi nyaman, kondusif dan aktif. Sebagai mediator guru sebagai perantara peserta didik dengan pembelajaran dan penyedia media karena media alat komunikasi peserta didik dengan pembelajaran. Sebagai demonstrator guru harus lebih menguasai bahan atau materi yang diajarkan dan dapat mengembangkannya. Peran yang dilakukan guru untuk meingkatkan motivasi belajar yaitu membuat kelas menjadi menyenangkan dengan cara guru memberikan hadiah atau reward kepada peserta didik yang berhasil atau siswa yang berprestasi, memberikan pujian kepada siswa, peserta didik diajak ice beraking dan membuat kelas yang menyenangkan. Meningkatkan motivasi siswa dengan cara memberikan angka. Peran guru sebagai demonstrator berupa mendemostrasikan materi yang diajarkan agar peserta didik dengan mudah memahami, menciptakan persaingan atau kompetisi antar siswa maupun kelompok dan memberikan ulangan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Anak |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 12205193191 PUTRI SALSABILA ARRASADA |
Date Deposited: | 20 Nov 2023 07:34 |
Last Modified: | 20 Nov 2023 07:34 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42051 |
Actions (login required)
View Item |