PENGGUNAAN METODE AN NAHDLIYAH UNTUK MENGENALKAN HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA DINI DI TPQ HIDAYATUL MUBTADI'IEN IV GESIKAN PAKEL TULUNGAGUNG

KHUSNA MUSLIMATUS SAFI'AH, 12206193128 (2023) PENGGUNAAN METODE AN NAHDLIYAH UNTUK MENGENALKAN HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA DINI DI TPQ HIDAYATUL MUBTADI'IEN IV GESIKAN PAKEL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER-1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (138kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (137kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text
BAB IV-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (177kB)

Abstract

Khusna Muslimatus Safi'ah. NIM 12206193128. Penggunaan Metode An-Nahdliyah Untuk Mengenalkan Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia Dini di TPQ Hidayatul Mubtadi'ien IV Gesikan Pakel Tulungagung. Skripsi. Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Ikfi Khoulita, M.Pd.I Kata Kunci : Metode An-Nahdliyah, Pengenalan Huruf Hijaiyah, Anak Usia Dini. Penelitian ini dilatarbelakangi mengenai pentingnya pengenalan huruf hijaiyah bagi anak usia dini untuk mengetahui huruf huruf hijaiyah dan dalam perkembangan anak. Dalam hal ini peneliti menghubungkannya dengan pemilihan metode pengenalan huruf hijaiyah yang disesuaikan dengan anak usia dini di TPQ Hidayatul Mubtadi'ien IV Gesikan Pakel Tulungagung. Fokus pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana perencanaan penggunaan metode An-Nahdliyah untuk mengenalkan huruf hijaiyah pada anak usia dini di TPQ Hidayatul Mubtadi'ien IV Gesikan Pakel Tulungagung?, 2) Bagaimana penggunaan metode An-Nahdliyah untuk mengenalkan huruf hijaiyah pada anak usia dini di TPQ Hidayatul Mubtadi'ien IV Gesikan Pakel Tulungagung?, 3) Bagaimana evaluasi penggunaan metode An-Nahdliyah untuk mengenalkan huruf hijaiyah pada anak usia dini di TPQ Hidayatul Mubtadi'ien IV Gesikan Pakel Tulungagung? Penelitian ini dikategorikan dalam penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di TPQ Hidayatul Mubtadi'ien IV Gesikan Pakel Tulungagung. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, triangulasi, teknik sumber dan waktu. Hasil penelitian skripsi ini adalah 1) Perencanaan yang disusun metode pembelajaran Al-Qur'an, menyusun rencana pembelajaran, jadwal pembelajaran, bentuk penilaian serta menyiapkan media pembelajaran dan bahan ajar. 2) pelaksanaan a) anak berdo'a bersama, mengulas materi, menulis huruf hijaiyah. b) menggunakan metode penyampaian yaitu metode demonstrasi, ustadz memberikan contoh pelafalan huruf hijaiyah. metode drill, anak didik berlatih melafalkan huruf hijaiyah sebagaimana yang dicontohkan ustadzah. metode tanya jawab, memberikan pertanyaan kepada anak didik ataupun sebaliknya. metode ceramah, yaitu ustadz/ustadzah memberikan penjelasan kembali mengenal huruf hijaiyah. c) Guru menyimak anak sorogan jilid yaitu anak membaca satu halaman jilidnya menggunakan ketukan, guru memperingatkan jika ada kesalahan bika anak keliru maka guru akan berkata "ulangi" dan memberikan waktu anak untuk berfikir dan jika belum tau maka guru aku membantu. 3) Evaluasi yang diberikan yaitu evaluasi harian yang dilakukan setiap kali pertemuan dengan memberikan nilai sesuai perkembangan anak dan ada lembar prestasi sendiri untuk menilai, seperti jika anak pada saat sorogan bisa melafalkan huruf hijaiyah dengan baik diberi nilai A dan jika ada satu kesalahan dalam pelafalan diberi nilai B. Setelah itu evaluasi akhir jilid, evaluasi ini dilakukan setiap akhir jilid, dimana TPQ Hidayatul Mubtadi'ien IV melakukan evaluasi secara individu saat akhir jilid 1- 5, sedangkan jilid 6 dilakukan evaluasi di kecamatan setempat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Gaya Belajar
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > PAUD
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Anak
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206193128 KHUSNA MUSLIMATUS SAFI'AH
Date Deposited: 23 Nov 2023 00:57
Last Modified: 23 Nov 2023 00:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42097

Actions (login required)

View Item View Item