STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAKTER SOSIAL KEAGAMAN PADA PESERTA DIDIK DI MTS JAM’IYATUL‘ULUM KRAS KEDIRI

SINDY VERTIKA SARI, 12201173078 (2023) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAKTER SOSIAL KEAGAMAN PADA PESERTA DIDIK DI MTS JAM’IYATUL‘ULUM KRAS KEDIRI. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (248kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (151kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (279kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (842kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (196kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kepribadian dan karakter anak terkoyak dan rusak lantaran pola asuh kita yang salah, dan kita biarkan anak-anak dididik oleh arus informasi global melalui media sosial yang bernilai destrukstif yang dapat memorak porandakan akhlak dan moral. Dengan demikian, pada saat ini pembelajaran yang berkarakter sudah mulai di terapkan oleh lembaga pendidikan pada tingkat dasar hingga menengah. Begitu pentingnya pendidikan karakter dan peningkatan akhlak pada siswa karena salah satu faktor penyebab kegagalan pendidikan islam selama ini karena kurangnya pendidikan karakter serta masih rendah akhlak siswa. Pendidikan ke arah terbentuknya karakter bangsa para siswa merupakan tanggungjawab semua guru. Oleh karena itu, pembinaannya pun harus oleh guru Tujuan penelitian ini 1) Untuk mengetahui dan mengidentifikasi strategi guru akidah akhlak dalam menanamkan nilai-nilai tawadu’ kepada peerta didik di MTS Jam’iyatul ‘Ulum. 2) Untuk mengetahui dan mengidentifikasi strategi guru akidah akhlak dalam menanamkan nilai-nilai shidiq kepada peserta didik di MTS Jam’iyatul ‘Ulum. 3) Untuk mengetahui dan mengidentifikasi strategi guru akidah akhlak dalam menanamkan nilai-nilai ta’awun di MTS Jam’iyatul ‘Ulum. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian studi kasus ( case research ). Peneliti memilih lokasi penelitian di lembaga pendidikan atau sekolah yaitu di MTs Jam’iyatul ‘Ulum. Teknik Pengumpulan Data menggunakan Wawancara Mendalam, Observasi Partisipan, dan Dokumentasi. Teknik Analisis Data menggunakan Kondensasi Data, Penyajian Data ( Data Display ), dan Penarikan Kesimpulan (Conclusion Drawing). Pegecekan Keabsahan Data menggunakan Perpanjangan Keikutsertaan, Ketentuan/Keajegan Pengamatan, Triangulasi, dan Pemeriksaan Teman Sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Tawadu’ Kepada Peserta Didik di MTs Jam’iyatul ‘Ulum adalah Keteladanan yang meliputi tidak membeda-bedakan teman belajar, memperhatikan cara berpakaian rapi dan sopan, sederhana, mengajarkan kepada siswa untuk selalu menjaga kebersihan di dalam kelas dan kebersihan pribadi (tubuh), mengajarkan untuk selalu meminta maaf, tolong dan ucapan terimakasih. Nasehat meliputi nasehat memberikan motivasi dan dorongan, melaksanakan sholat tepat waktu, mematuhi perintah orang tua dan menghargai orang lain. Pembiasaan bahwa setiap pagi adanya Sholat Dhuha dan sebelum pelajaran dimulai membaca Juz Amma, pembiasaan berdo’a dan membaca Al-Quran sebelum memasuki pembelajaran, pembiasaan memberikan salam dan berjabat tangan kepada sesama, pembiasaan meminta izin terlebih dahulu ketika hendak keluar kelas, serta pembiasaan senyum, salam dan sapa. 2) Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Shidiq Kepada Peserta Didik di MTs Jam’iyatul ‘Ulum adalah Strategi guru akidah dalam menenamkan sikap shidiq di MTs Jam’iyatul ‘Ulum dengan mengawasi perilaku peserta didik, penilaian perilaku jujur dalam hal mengerjakan tugas, motivasi untuk bersikap jujur, meneladani sifat Rasulullah, membiasakan berprilaku benar, datang tepat waktu, berbicara jujur dan tidak membeda – bedakan peserta didik, Guru juga nasihat, hukuman serta pembiasaan pada peserta didik dengan menjelaskan akan pentingnya jujur dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga strategi guru tersebut meliputi strategi keteladanan, strategi pembiasaan, strategi hukuman, dan stretagi pemahaman. 3) Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Ta’awun Kepada Peserta Didik di MTs Jam’iyatul ‘Ulum adalah Strategi guru akidah akhlak dalam menanamkan karakter sosial keagamaan ta’awun kepada peserta didik di MTs Jam’iyatul ‘Ulum meliputi adanya jadwal piket, mengikuti kegiatan bersih bersih lingkungan Madrasah, dengan membiasakan untuk saling tolong menolong ketika melihat temannya kesusahan, dengan Metode diskusi dalam mengerjakan tugas antar kelompok, di ajarkan arti kekeluargaan, saling menasehati dan memaafkan ketika ada teman yang berbuat salah dan kegiatan ekstrakulikuler yang di adakan di madrasah untuk membentuk karakter peduli dan empati untuk orang lain.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173078 SINDY VERTIKA SARI
Date Deposited: 22 Nov 2023 02:40
Last Modified: 22 Nov 2023 02:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42102

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item