STRATEGI GURU FIQIH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs DARUSSALAM ARIYOJEDING REJOTANGAN TULUNGAGUNG

ERNI NUR RAHMAWATI, 12201193310 (2023) STRATEGI GURU FIQIH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs DARUSSALAM ARIYOJEDING REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (523kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (561kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (684kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (604kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (420kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Fiqih Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MTs Darussalam Ariyojeding Rejotangan Tulungagung” ditulis oleh Erni Nur Rahmawati, NIM. 12201193310, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Muhammad Zainul Arifin, M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi Guru, Motivasi Belajar, Fiqih Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena siswa yang pada saat ini mudah bosan ketika mengikuti kegiatan pembelajaran fiqih, padahal pelajaran fiqih merupakan pelajaran penting bagi umat Islam. Dalam pelajaran fiqih menjelaskan tata cara manusia beribadah kepada Allah SWT, hubungan manusia dengan sesama manusia dan hubungan manusia dengan alam. Fiqih memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan. Oleh karena itu, dalam pelajaran fiqih diperlukan motivasi bagi siswa untuk menimbulkan ketertarikan dan kesadaran terhadap pentingnya pelajaran fiqih. Dalam hal ini guru fiqih harus menerapkan strategi pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih. Salah satunya adalah guru fiqih di MTs Darussalam Ariyojeding Rejotangan Tulungagung yang menerapkan beberapa strategi pembelajaran guna meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran fiqih. Fokus penelitian pada penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagimana strategi guru fiqih dalam meningkatkan motivasi belajar intrinsik siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs Darussalam Ariyojeding Rejotangan Tulungagung? (2) Bagaimana strategi guru fiqih dalam meningkatkan motivasi belajar ekstrinsik siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs Darussalam Ariyojeding Rejotangan Tulungagung? Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan strategi guru fiqih dalam meningkatkan motivasi belajar intrinsik siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs Darussalam Ariyojeding Rejotangan Tulungagung. (2) Mendeskripsikan strategi guru fiqih dalam meningkatkan motivasi belajar ekstrinsik siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs Darussalam Ariyojeding Rejotangan Tulungagung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa (1) observasi, (2) wawancara, dan (3) dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah-langkah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan dan ketelitian peneliti dan juga triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Strategi guru fiqih dalam meningkatkan motivasi intrinsik siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs Darussalam Ariyojeding Rejotangan Tulungagung, startegi yang digunakan yaitu strategi pembelajaran afektif, kontekstual (CTL) dan ekspositori. Dalam penerapan strategi afektif guru fiqih melakukan kegiatan pembiasaan pembelajaran agar siswa dapat terbiasa dan sadar akan pentingnya pelajaran fiqih. Melalui strategi kontekstual (CTL) siswa bekerja kelompok dan melakukan praktik, dengan kegiatan tersebut siswa dapat mengetahui mengenai keterkaitan materi dengan kehidupan sehari-hari sehingga mereka tahu manfaat yang didapat. Selanjutnya strategi ekspositori, dalam strategi ini guru meningkatkan motivasi intrinsik siswa melalui metode ceramah dan kegiatan tanya jawab. Dengan menggunakan ketiga strategi tersebut siswa akan sadar tentang pentingnya pelajaran fiqih bagi kehidupan sehari-hari, sehingga meningkatkan motivasi belajar intrinsiknya. (2) Strategi guru fiqih dalam meningkatkan motivasi ekstrinsik siswa strategi yang digunakan yaitu strategi pembelajaran kontekstual (CTL) dan inkuiri. Penerapan strategi kontekstual (CTL) dengan melakukan kegiatan kerja kelompok maupun individu yang dalam penerapannya guru memberikan aturan dan bila dilanggar siswa akan mendapat teguran, hukuman bahkan pengaduan kepada wali murid. menggunakan media yang menarik dan pemberian hadiah juga dilakukan guru fiqih untuk menarik minat siswa agar mengerjakan tugas dengan baik dan benar. Dalam penggunaan strategi pembelajaran inkuiri, siswa akan diberikan tugas individu yang akan menimbulkan kompetisi yang lebih tinggi. Dengan adanya rasa kompetisi tentunya mereka akan rajin belajar dan selalu memperhatikan penjelasan guru supaya bisa dalam menjawab pertanyaan maupun mengerjakan ujian. Memberikan pujian juga dilakukan guru fiqih untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, dengan begitu siswa akan merasa senang dan percaya diri sehingga terus belajar dan termotivasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan Islam
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193310 ERNI NUR RAHMAWATI
Date Deposited: 27 Nov 2023 03:52
Last Modified: 27 Nov 2023 03:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42158

Actions (login required)

View Item View Item