Erlin Haryanti, 2811123083 (2016) PENANAMAN SIKAP DISIPLIN DAN TANGGUNGJAWAB PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SMK NEGERI 1 POGALAN. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (241kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (527kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (665kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (360kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_IV.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_V.pdf Download (120kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_VI.pdf Download (73kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR_RUJUKAN.pdf Download (87kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penanaman Sikap Disiplin dan Tanggungjawab Peserta Didik melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di SMK Negeri 1 Pogalan” ini ditulis oleh Erlin Haryanti, NIM. 2811123083, pembimbing Drs. H. Muh. Kharis, M.Pd. Kata kunci: Sikap Disiplin, Tanggungjawab, Pendidikan Kepramukaan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa disiplin dan tanggugjawab merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan karena dengan adanya disiplin dan tanggungjawab seseorang akan lebih berhati-hati dalam melakukan suatu perbuatan, sehingga perbuatan yang dilakukannya akan bernilai positif baik bagi dirinya maupun bagi orang lain. Menipisnya kesadaran bahkan hilangnya untuk bersikap disiplin dan tanggungjawab pada peserta didik menjadi salah satu sebab terhambatnya kegiatan pembelajaran.Pramuka dapat dijadikan sebagai wadah penanaman dan pembentukan sikap displin dan tanggungjawab.Dalam kepramukaan tercantum jelas dalam Dasadarma Pramuka poin ke-8 dan 9 yaitu pramuka itu displin berani dan setia, bertanggungjawab dan dapat dipercaya. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini: (1) Bagaimana metode penanaman sikap disiplin dan tanggungjawab peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka?(2)Bagaimana proses penanaman sikap disiplin dan tanggungjawab peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka? (3) Bagaimana teknik evaluasi penanaman sikap disiplin dan tanggungjawab peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka?. Dalam penelitian ini penulis menggunakan:(1)pendekatan penelitian kualitatif, jenis penelitian diskriptif, (2) kehadiran peneliti di SMK Negeri 1 Pogalan, (3) lokasi penelitian di SMK Negeri 1 Pogalan, (4) sumber data yaitu person terdiri dari koordinator pramuka, pembina, pembantu pembina dan anggota pramuka SMKN 1 Pogalan, place yaitu kelas, lapangan, sanggar pramuka, dan lingkungan di sekitar sekolah, paper berupa dokumen sekolah, (5) teknik pengumpulan data yang digunakan observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi, (6) analisis data yang dilakukan peneliti dalam penelitian kualitatif adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan terakhir penarikan kesimpulan, (7) pengecekan keabsahan data yakni perpanjangan masa pengamatan, triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) metode penanaman sikap disiplin dan tanggungjawab peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka adalah (a) sistem beregu yaitu dibentuknya beberapa kelompok kecil agar mmperoleh kesempatan belajar memimpin dan dipimpin,(b) Pengamalan kode kehormatan pramuka yaitu ukuran atau standartingkah laku seorang anggota pramuka, (c) Belajar sambil melakukan yaitu mempraktikan secara langsung, (d) Kegiatan yang menarik dan menantang yaitu kegiatan bersifat kreatif, inovatif,dan rekreatif,(e) Kegiatan di alam terbuka yaitu kegiatan yang dapat memberikan pengalaman langsung serta menanamkan sikap tanggungjawab, (f) Sistem tanda kecakapan yaitu tanda yang menunjukkan kecakapan dan ketrampilan yang dimiliki oleh peserta didik.(2) Proses penanaman sikap disiplin dan tanggungjawab peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka terjadimelalui, (a) kesepakatan peraturan yakni dengan adanya kesepakatan peraturan maka tidak akan menjadi beban ketika melaksanakannya, (b) pemberian hukuman yakni bagi siapa saja yang melanggar tata tertib siap untuk menerima sanksi,(c) latihan terus-menerus yakni dengan latihan yang berulang-ulang akan menjadi kebiasaan dalam kepribadiannya,(d) keteladanan Pembina yakni memberikancontoh riil tidak hanya sekedar nasehat saja.(3) Teknik evaluasi penanaman sikap disiplin dan tanggungjawab peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka adalah (a) observasi (pembina mengamati setiap gerak gerik peserta didik dan mencatatnya dalam buku khusus tata tertib), (b) penilaian diri (pembina meminta peserta didik menilai perbuatan dirinya sendiri), (c) penilaian antar teman (pembina meminta peserta didik untuk memberikan penilaian kepada temannya dengan cara memberikan pengakuan kebaikan dan keburukan temannya).
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S.Pd.I 2811123083 Erlin Haryanti |
Date Deposited: | 19 Dec 2016 04:07 |
Last Modified: | 19 Dec 2016 04:07 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4216 |
Actions (login required)
View Item |