PEMBELAJARAN BAHASA JAWA BERBASIS FOLKLOR LISAN DALAM MENGUATKAN BUDI PEKERTI JAWA (Studi Multisitus Kelas IV Di SDI Ma’arif Kota Blitar dan SDI Hidayatuth Tholibin Kediri)

LILI MAULYNA AZIZAH, 12850521016 (2023) PEMBELAJARAN BAHASA JAWA BERBASIS FOLKLOR LISAN DALAM MENGUATKAN BUDI PEKERTI JAWA (Studi Multisitus Kelas IV Di SDI Ma’arif Kota Blitar dan SDI Hidayatuth Tholibin Kediri). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (319kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (136kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (281kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (670kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (257kB) | Preview

Abstract

Tesis dengan judul “Pembelajaran Bahasa Jawa Berbasis Folklor Lisan dalam Menguatkan Budi Pekerti Jawa (Studi Multisitus Kelas IV di SDI M a’arif Kota Blitar dan SDI Hidayatuth Tholibin Kediri), ditulis oleh promotor Dr. H. Muhammad Zaini, M.A. dan Dr. Zaini Fasya, S.Ag., M.Pd.I Kata Kunci: Pembelajaran Bahasa Jawa, Foklor Lisan, Budi Pekerti Jawa. Mata pelajaran Bahasa Jawa SD/MI meliputi pembelajaran bahasa, sastra, dan budaya Jawa. Kurangnya keterampilan guru dalam menggunakan Bahasa Jawa yang baik dan benar dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari juga menjadi salah satu faktor penghambat tujuan kegiatan pembelajaran Bahasa Jawa. Pelaksanaan pembelajaran di kelas perlu didesain menggunakan model, strategi dan metode pembelajaran yang sesuai dan tepat dengan memperhatikan karakteristik perkembangan siswa kelas IV yang berada pada tahap operasional konkret. SDI Maarif Kota Blitar dan SDI Hidayatuth Tholibin Kediri Fokus Penelitian ini adalah Bagaimana Desain, Implementasi dan Evaluasi Pembelajaran Bahasa Jawa Berbasis Folklor Lisan dalam Menguatkan Budi Pekerti Jawa Kelas IV di SDI M a’arif Kota Blitar dan SDI Hidayatuth Tholibin Kediri?.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menemukan : 1) Desain Pembelajaran Bahasa Jawa Berbasis Folklor Lisan dalam Menguatkan Budi Pekerti Jawa Kelas IV, 2) Implementasi Pembelajaran Bahasa Jawa Berbasis Folklor Lisan dalam Menguatkan Budi Pekerti Jawa Kelas IV, 3) Evaluasi Pembelajaran Bahasa Jawa Berbasis Folklor Lisan dalam Menguatkan Budi Pekerti Jawa Kelas IV di SDI M a’arif Kota Blitar dan SDI Hidayatuth Tholibin Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studikasus dan rancangan penelitian multisitus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan mulai analisisdata kasus tunggal dan analisis lintas kasus. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menujukkan bahwa: 1) Desain pembelajaran Bahasa Jawa berbasis folklor lisan dalam menguatkan budi pekerti jawa berangkat dari niat untuk merancang pembelajaran bahasa jawa yang akan mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar bahasa jawa. Guru merancang pembelajaran bahasa jawa akan mencerminkan tindakannya dalam pembelajaran bahasa jawa. Keberhasilan dari suatu kegiatan sangat ditentukan oleh perencanaannya. 2) Implementasi pembelajaran Bahasa Jawa berbasis folklor lisan dengan pemanfaatan sastra Jawa sastra lisan (tembang dolanan) dapat menguatkan unggah ungguh peserta didik. Melalui pembelajaran Bahasa Jawa yang memperhatikan unggah-ungguh dapat membiasakan peserta didik untuk menerapkan prinsip unggah ungguh. 3) Evaluasi dilakukan oleh guru bahasa jawa dilakukan satu hari dalam seminggu mengingat pembelajaran bahasa jawa alokasi waktunya satu kali pertemuan dalam seminggu. Selanjutnya guru memberikan PR berbahasa jawa krama melalui buku penghubung.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12850521016 lili maulyna azizah
Date Deposited: 21 Dec 2023 01:47
Last Modified: 21 Dec 2023 01:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42160

Actions (login required)

View Item View Item