PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK MATERI GETARAN DI MTsN 16 JOMBANG

MUSTAQFIROHTUN NISA’, 12211193054 (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK MATERI GETARAN DI MTsN 16 JOMBANG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (293kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (256kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (276kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (260kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK MATERI GETARAN DI MTSN 16 JOMBANG” ini ditulis oleh Mustaqfirohtun Nisa’, NIM. 12211193054, Program Studi Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Muhammad Luqman Hakim Abbas, S.Si., M.Pd. Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Hasil Belajar, Keterampilan Proses Sains, Getaran Pembelajaran fisika di sekolah seringkali dianggap monoton oleh peserta didik, terutama saat menghadapi materi yang sulit seperti materi getaran. Hal ini mengakibatkan rendahnya hasil belajar peserta didik, selain itu pemilihan model pembelajaran yang tidak sesuai mengakibatkan kurangnya keterampilan proses sains berupa keterlibatan peserta didik dalam berpikir memecahkan masalah. Oleh karena itu, untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan proses sains peserta didik harus segera diatasi dengan salah satu model yang diterapkan yaitu model PBL. Model PBL melibatkan peserta didik dalam memecahkan masalah yang relevan, dengan mendorong mereka untuk mengembangkan keterampilan proses sains dan meningkatkan hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui adanya pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar fisika peserta didik materi getaran di MTsN 16 Jombang (2) Untuk mengetahui adanya pengaruh model Problem Based Learning terhadap keterampilan proses sains peserta didik materi getaran di MTsN 16 Jombang (3) Untuk mengetahui adanya pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar fisika dan keterampilan proses sains peserta didik materi getaran di MTsN 16 Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiannya Quasi Experimental Design dengan rancangan penelitian Post-test Only Control Group Design. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu model Problem Based Learning sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar dan keterampilan proses sains peserta didik. Populasinya adalah peserta didik kelas VIII MTsN 16 Jombang yang yang berjumlah 184 peserta didik. Teknik sampling yang digunakan yaitu Cluster Sampling. Sampel yang digunakan yaitu kelas VIII-E berjumlah 36 peserta didik dan kelas VIII-F berjumlah 35 peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji-t dan uji MANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh model Problem Based Learning materi getaran terhadap hasil belajar fisika peserta didik di MTsN 16 Jombang pada taraf signifikansi 0,000 < 0,05. (2) Ada pengaruh model Problem Based Learning materi getaran terhadap keterampilan proses sains peserta didik di MTsN 16 Jombang pada taraf signifikansi 0,000 < 0,05. (3) Ada pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar fisika dan keterampilan proses sains peserta didik materi getaran di MTsN 16 Jombang, pada taraf signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 12211193054 MUSTAQFIROHTUN NISA'
Date Deposited: 29 Nov 2023 06:51
Last Modified: 29 Nov 2023 06:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42220

Actions (login required)

View Item View Item