PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI PADA MATERI ELEKTROKIMIA

BADRIATUL HUSNA, 12212173066 (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI PADA MATERI ELEKTROKIMIA. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (492kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (237kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (577kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (177kB)

Abstract

Skripsi dengan Judul “Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Multipel Representasi pada Materi Elektrokimia” ini ditulis oleh Badriatul Husna, NIM 12212173066, yang dibimbing oleh Ifah Silfianah, M.Pd. Kata Kunci: multimedia interaktif, multipel representasi Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis teknologi sangat diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran. Metode pembelajaran yang biasa digunakan adalah metode konvensional dan penggunaan media pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar di kelas dirasa masih kurang maksimal. Dalam ilmu kimia terdapat konsep-konsep yang komplek serta fenomena-fenomena yang abstrak dan tidak teramati. Siswa mengalami kesulitan dalam memahami ilmu kimia akibat ketidakmampuan memvisualisasikan struktur dan proses pada level mikroskopik dan tidak mampu menghubungkannya dengan level fenomena kimia makroskopik dan simbolik. Pengembangan media pembelajaran menjadi salah satu pilihan agar masalah tersebut dapat terselesaikan. Oleh karena itu perlu dilakukan pengembangan multimedia interaktif berbasis multipel representasi pada pembelajaran elektrokimia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan mengetahui kelayakan media berbasis multipel representasi serta mengetahui tanggapan dan hasil belajar siswa setelah menggunakan multimedia interaktif berbasis multipel representasi. Penelitian ini menggunakan desain Research And Development (R & D) dengan model ADDIE (Analyze, design, develop, implementation, evaluate). Penelitian ini melibatkan dua dosen dan satu guru kimia sebagai ahli materi dan media. penelitian ini diujicobakan kepada 30 siswa SMA. Instrumen yang digunakan lembar validasi dan angket respon keterbacaan siswa. Data hasil validasi ahli dan uji coba dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan kualitatif menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukan kevalidan media yaitu 87% dengan kategori sangat valid dan hasil kevalidan materi yaitu 86% dengan kategori materi sangat valid. Hasil respon siswa menunjukan 88.8% yang menunjukan siswa sangat tertarik terhadap multimedia interaktif. Hasil belajar siswa menunjukan 96% siswa mendapatkan nilai diatas KKM. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa multimedia interkatif berbasis multipel representasi yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 12212173066 BADRIATUL HUSNA
Date Deposited: 06 Dec 2023 07:22
Last Modified: 06 Dec 2023 07:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42247

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item