ELSA AMALIA DEWI, 12212193077 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA AJAR POWERPOINT INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI PENGENALAN ILMU KIMIA. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (571kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (61kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (220kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (348kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (30kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (105kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Ajar Powerpoint Interaktif dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Pengenalan Ilmu Kimia” ditulis oleh Elsa Amalia Dewi, NIM 12212193077, dosen pembimbing Tutik Sri Wahyuni, M.Pd. Kata Kunci: powerpoint interaktif, saintifik, pengenalan ilmu kimia Proses pembelajaran yang ideal (efektif) belum terlaksana secara penuh dalam memahami materi pengenalan ilmu kimia yang merepresentasikan konsep sains dengan kehidupan sehari-hari. Hal ini d ikarenakan bahan ajar yang terbatas Begitupun dengan model pembelajaran yang masih konvensional. Selain itu d itambah dengan pelaksanaan Kurikulum Merdeka yang dianggap membutuhkan lebih peran siswa terhadap pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan bahan ajar penunjang atau media dalam proses pembelajaran siswa guna membantu dalam menyampaikan materi terhadap konsep sains dengan kehidupan sehari hari. Media powerpoint interaktif dengan memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran menjadi salah satu cara untuk membantu keterbatasan media ajar dengan mengintegrasikan pendekatan saintifik. Pendekatan ini diutamakan dapat menghasilkan pembelajaran yang terjadi feedback/timbal balik antara guru dan siswa dan dapat melatih kemampuan siswa berpikir kritis dalam menghadapi beberapa tugas sekolah pada materi pengenalan ilmu kimia. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui proses pengembangan produk media ajar powerpoint interaktif dengan pendekatan saintifik pada materi pengenalan ilmu kimia 2) mengetahui tingkat validitas produk pengembangan powerpoint interaktif dengan pendekatan saintifik sebagai media ajar bagi siswa kelas X SMA/MA pada materi pengenalan ilmu kimia, 3) mengetahui respon siswa terhadap pengembangan media ajar powerpoint interaktif dengan pendekatan saintifik pada materi pengenalan ilmu kimia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model 4D Thiagarajan define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran) namun disederhanakan hanya sampai pada tahap develop saja pada penelitian ini. Instrumen yang d i gunakan dalam penelitian berupa kisi kisi pedoman wawancara sebagai tahap analisis kebutuhan produk. Lembar validasi dibutuhkan untuk menguji kelayakan produk yang telah dikembangkan secara utuh. Validator terdiri dari 1 dosen Tadris Kimia dan 1 guru mata pelajaran Kimia. Lembar angket respon siswa digunakan sebagai penilaian pada tahap uji coba kepada siswa dengan tujuan untuk mendapatkan respon dan penilaian kepada siswa kelas X MA Assalam Jambewangi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskripsi kualitatif dan teknik analisis deskripsi kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa media ajar powerpoint interaktif dengan pendekatan saintifik pada materi pengenalan ilmu kimia 1) proses pengembangan produk media ajar powerpoint interaktif menggunakan aplikasi Microsoft PowerPoint dengan mengaktifkan options Enabled Macros yang akan memunculkan proyek VBA modul dengan beberapa bantuan aplikasi lain. 2) Memiliki kategori “sangat layak” dengan hasil validasi pada tim ahli materi diperoleh rata-rata nilai sebesar 94,5% dan pada validasi tim ahli media sebesar 93,9%. Media ajar sesuai materi pada konteks Capaian Pembelajaran yang tersaji dalam bentuk interaktif (memberikan feedback/timbal balik kepada siswa atau berpusat pada siswa) dengan sajian pembelajaran berupa slide berisi teks, gambar, audio dan video hingga kuis kecil. 3) Respon siswa terhadap pengembangan media ajar powerpoint interaktif diperoleh nilai rata-rata pada seluruh aspek sebesar 80,6% dengan kategori sangat baik. Hasil penelitian mengemukakan bahwasanya media ajar powerpoint interaktif dengan pendekatan saintifik pada materi pengenalan ilmu kimia yang telah selesai dikembangkan dan diuji validitas dapat dinyatakan layak digunakan sebagai media ajar yang bisa menjadi acuan atau komponen pendukung pada proses pembelajaran atau lainnya yang dapat bermanfaat bagi guru maupun siswa dan bahkan dapat menjadi tinjauan penelitian selanjutnya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Kimia Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia |
Depositing User: | 12212193077 ELSA AMALIA DEWI |
Date Deposited: | 22 Dec 2023 07:59 |
Last Modified: | 22 Dec 2023 07:59 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42276 |
Actions (login required)
View Item |