FIRDA ZAYIDA KAFI, 12201193350 (2023) INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PEMBIASAAN SHALAT TAHAJUD UNTUK MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK MTs SA JABAL NUUR WATES KEDIRI. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (804kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (207kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (113kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (208kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (338kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (196kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (488kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (134kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (117kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (180kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Melalui Pembiasaan Shalat Tahajud Untuk Membentuk Karakter Religius Peserta Didik MTs SA Jabal Nuur Wates Kediri” ini ditulis oleh Firda Zayida Kafi, NIM. 12201193350, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatulloh Tulungagung, Pembimbing Dr. Siti khoirun Nisak, S.Pd.I, M. Pd. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan mengetahui nilai-nilai pendidikan agama Islam yang diinternalisasikan melalui pembiasaan shalat tahajud, proses internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam, dan mengetahui implikasi dari internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam melalui pembiasaan shalat tahajud untuk membentuk karakter religius peserta didik MTs SA Jabal Nuur Wates Kediri. Kajian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penghayatan nilai-nilai pendidikan agama Islam melalui kegiatan keagamaan untuk membentuk karakter religius di MTs SA Jabal Nuur Wates Kediri. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 28 Januari sampai 25 Februari 2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai yang diinternalisasikan yakni nilai akidah, nilai ibadah, dan nilai akhlak. Nilai tersebut diinternalisasikan melalui kegiatan keagamaan di di MTs SA Jabal Nuur Wates Kediri seperti tadarus qur’an, shalat dzuhur berjamaah, kultum dan tahfidz qur’an, shalat jum’at, shalat dhuha, shalat tahajud dan peringatan hari besar Islam. Sedangkan Proses internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam melalui pembiasaan shalat tahajud untuk membentuk karakter religius sudah berjalan dengan baik dan menggunakan strategi tersendiri. Ada empat tahapan yang dilakukan dalam menginternalisasikan nilai-nilai pendidikan agama Islamdi MTs SA Jabal Nuur Wates Kediri yaitu tahap transformasi nilai, transaksi nilai, transinternalisasi nilai, dan koreksi atau evaluasi. Metode yang digunakan yakni dengan keteladanan, pembiasaan, koreksi dan pengawasan. Implikasi yang dapat dilihat dari hasil penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam melalui kegiatan shalat tahajud yakni diwujudkan dalam bentuk sikap dan perilaku siswa dalam kehidupan sehari-hari di sekolah yang mencirikan karakter religius seorang muslim. Kata Kunci : Internalisasi, Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam, Karakter Religius, Shalat Tahajud
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201193350 FIRDA ZAYIDA KAFI |
Date Deposited: | 12 Dec 2023 07:48 |
Last Modified: | 12 Dec 2023 07:48 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42293 |
Actions (login required)
View Item |