Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII-C Materi Pokok Persegi Panjang Dan Persegi Di UPTD SMP N 2 Sumbergempol Tahun Ajaran 2012/2013

Fauziyah, Ulva (2014) Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII-C Materi Pokok Persegi Panjang Dan Persegi Di UPTD SMP N 2 Sumbergempol Tahun Ajaran 2012/2013. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
bagian awal.pdf

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Inti Skripsi.pdf

Download (923kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa dalam kegiatan belajar mengajar di SMP selama ini lebih menekankan kepada metode pembelajaran yang konvensional, di mana saat proses pembelajaran berlangsung gurulah yang cenderung lebih aktif dan siswa hanya pasif, sehingga siswa merasa cepat bosan. Akibatnya, hasil belajar siswa kurang baik. Berangkat dari permasalahan inilah peneliti melakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi pokok persegi panjang dan persegi pada siswa kelas VII-C di UPTD SMP N 2 Sumbergempol tahun ajaran 2012/2013. Rumusan masalah dalam penulisan ini adalah apakah penerapan model Pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika materi persegi dan persegi panjang pada kelas VII -C UPTD SMPN 2 Sumbergempol tahun ajaran 2012/2013?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil peningkatkan hasil belajar matematika siswa materi pokok persegi panjang dan persegi pada VII-C UPTD SMPN 2 Sumbergempol tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII-C. Dengan jumlah 27 siswa. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini yaitu apabila penguasaan materi siswa mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai. Setelah penulis mengadakan penelitian terlihat jelas peningkatan hasil belajar siswa. Pada siklus pertama dengan kurang semangatnya siswa mengikuti kegiatan pembelajataran diperoleh nilai rata-rata hasil belajar 66,48 dilanjutkan dengan siklus kedua antusias siswa semakit meningkat dalam kegiatan xvii pembelajaran diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa 88.89. begitu pula terjadi pada ketuntasan belajar siswa, pada siklus pertama ketuntasan belajar siswa sebesar 44,44 % pada siklus kedua meningkat menjadi 88.89 %. dari keterangan tersebut dapat diketahui bahwa signifikan rara hasil belajar meningkat sebanyak 20,74 % dan ketuntasan belajar siswa adalah 44.45 %. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi pokok persegi panjang dan persegi pada siswa kelas VII-C UPTD SMP N 2 Sumbergempol Tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 09 Dec 2014 03:24
Last Modified: 09 Dec 2014 03:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/423

Actions (login required)

View Item View Item