IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DI MI DARUL ULUM SALAKKEMBANG KECAMATAN KALIDAWIR KABUPATEN TULUNGAGUNG

ANISA'UL HUSNAH, 12205183136 (2023) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DI MI DARUL ULUM SALAKKEMBANG KECAMATAN KALIDAWIR KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (827kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (300kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (239kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (276kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (153kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya iklim pembelajaran tematik yang masih berpusat pada guru sehingga menjadikan siswa pasif dan kurang percaya diri. Selain itu terdapat keluhan dari guru tentang pemilihan metode yang terkadang kurang sesuai dengan karakteristik materi dan peserta didiknya. Maka dari itu peneliti memilih strategi pembelajaran inkuiri karena strategi tersebut dapat melatih kreatifitas, kepekaan serta keberanian siswa dalam menyampaikan pendapat dan tanggapannya. Selain itu strategi ini telah diterapkan di salah satu kelas yaitu kelas V di MI Darul Ulum Salakkembang. Dengan peneliti ingin meneliti implementasi strategi pembelajaran inkuiri kelas V di Mi Darul Ulum Salakkembang Kalidawir Tulungagung. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah : (1) Bagaimana perencanaan strategi pembelajaran inkuiri di kelas 5 Mi Darul Ulum Salakkembang?, (2) Bagaimana penerapan strategi pembelajaran inkuiri di kelas 5 Mi Darul Ulum Salakkembang?, (3) Bagaimana evaluasi strategi pembelajaran inkuiri di kelas 5 Mi Darul Ulum?. Adapun tujuan penelitian ini adalah : (1) Mendeskripsikan perencanaan strategi pembelajaran inkuiri di kelas 5 Mi Darul Ulum Salakkembang, (2) Mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran inkuiri di kelas 5 Mi Darul Ulum Salakkembang, (3) Mendeskripsikan evaluasi strategi pembelajaran inkuiri di kelas 5 Mi Darul Ulum Salakkembang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini bersifat deskriptif yaitu penelitian yang menggambarkan data informasi yang didasarkan dengan kenyataan (fakta) yang diperoleh dari lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisi data menggunakan tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian yang dilakukan di MI Darul Ulum Salakkembang Kalidawir, peneliti menemukan suatu temuan saat guru dalam melaksanakan strategi pembelajaran inkuiri yaitu, (1) Perencanaan strategi pembelajaran inkuiri. yaitu dengan melakukan penyusunan perangkat pembelajaran yang meliputi a) penentuan tujuan pembelajaran (KI KD) b) mengkaji karakteristik materi tematik dan karakteristik siswa, c) menggunakan pendekatan scientific yang sesuai dengan karakteristik materi, d) metode tanya jawab dan peer teaching serta strategi inkuiri e) menentukan media, dan f) menentukan siste evaluasi pembelajaran. Dalam perencanaan materi pembelajaran, guru menkaji materi terlebih dahulu dan menyiapkan berbagai masalah sebagai bahan ajar dan evaluasi serta menyiapkan kelompok pembelajaran dengan tujuan agar siswa lebih aktif bersama teman sejawat (2) Pelaksanaan strategi pembelajaran inkuiri secara garis besar sesuai dengan RPP guru dan teori-teori strategi inkuiri. Adapun langkah-langkah pembelajarannya terdiri dari pendahuluan, inti dan penutup. pendahuluan terdiri dari salam, doa, apersepsi dan pemaparan tujuan pembelajaran. kegiatan inti terdiri dari beberapa fase yaitu: observasi, merumuskan permasalahan, menentukan hipotesis, pemecahan maslah dan eksperimen, penulisan kesimpulan. Kegiatan penutup berupa kesimpulan, penugasan, doa dan salam. 3) Evalusi strategi pembelajaran inkuiri melalui proses beberapa tes berupa penilaian tertulis dan non tertulis, dimana dengan adanya evaluasi pembelajaran guru dapat mengetahui sejauh mana siswa menerima pembelajaran. Dengan pembelajaran inkuiri siswa menjadi lebih aktif dalam diskusi, saling membantu, bertukar opini, dan memiliki rasa percaya diri sehingga mampu melakukan presentasi dan tanggapan dengan baik

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183136 ANISA'UL HUSNAH
Date Deposited: 08 Dec 2023 04:33
Last Modified: 08 Dec 2023 04:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42310

Actions (login required)

View Item View Item