MANAJEMEN STRATEGI DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI SOSIAL GURU (Studi Multisitus di MTs Negeri 1 Blitar dan MTs Negeri 2 Blitar)

PUTRI ILLAYATI HARIANTO, 128501203019 (2023) MANAJEMEN STRATEGI DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI SOSIAL GURU (Studi Multisitus di MTs Negeri 1 Blitar dan MTs Negeri 2 Blitar). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (879kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (526kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (740kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (430kB)

Abstract

ABSTRAK Putri Illayati Harianto, NIM. 128501203019 2022 “Manajemen Strategi Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Dan Kompetensi Sosial Guru (Studi Multisitus di MTsN 1 Blitar Dan MTsN 2 Blitar)”. Tesis Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Program Pascasarjana (S-2) UIN Satu Tulungagung dibawah bimbingan Prof.Dr. H.Munardji, M.Ag dan Dr. H. Abd.Aziz, M.Pd.I Kata kunci : Managemen Strategi, Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Sosial Penelitian ini dilatarbelakangi oleh transformasi penyelenggaran pembelajaran dari segi kompetensi pedagogic muncul isu isu bahwa guru atau pendidik kurang kreatif dalam mengelola pembelajaran, guru kurang menguasai karakteristik peserta didik, guru cenderung menggunakan metode ceramah saja dalam proses pembelajaran, jarangnya menggunakan media pembelajaran dalam proses pembelajaran, guru jarang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (komputer) dalam proses pembelajaran, serta jarang menggunakan/membawa RPP pada saat pembelajaran meski telah membuat RPP. Dari segi kompetensi sosial guru memiliki keterbatasan dalam berinteraksi dengan siswa, wali murid serta masyarakat karena situasi dan kodisi pembelajaran yang dilakukan secara online atau daring . Fokus penelitian dalam penulisan tesis ini adalah: (1)Bagaimana formulasi strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik dan sosial guru di MTs Negeri 1 Blitar dan MTs Negeri 2 Blitar? (2)Bagaimana implementasi strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik dan sosial guru di MTs Negeri 1 Blitar dan MTs Negeri 2 Blitar? (3)Bagaimana evaluasi strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik dan sosial guru di MTs Negeri 1 Blitar dan MTs Negeri 2 Blitar? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan rancangan multisitus dimana subjek yang diteliti memiliki kesamaan latar belakang dan lembaga.Teknik pengambilan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan dan studi dokumentasi. Analisis data memakai analisis data kasus tunggal dengan teknik analisis data: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan temuan dengan perpanjangan keikutsertaan,ketekunan/keajegan pengamatan, triangulasi, pengecekan teman sejawat. Hasil Penelitian: Pertama,Formulasi strategi kepala madarasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik dan kompetens sosiali guru adalah MTsN 1 Blitar dan MTsN 2 Blitar meningkatkan kualitas guru mata pelajaran, melakukan analisis lingkungan eksternal dan lingkungan internal sehingga dapat menghasilkan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Adanya program dan kegiatan dalam mengembangkan kompetensi guru mata pelajaran, Kedua, Implementasi strategi kepala madarasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik dan kompetensi sosial guru di MTsN 1 Blitar dan MTsN 2 Blitar yaitu dengan mengadakan kegiatan rapat dinas, MGMP, Workshop, tutor sejawat dan pelaatihan yang dijadikan agenda rutin madrasah dalam memenuhi dan menyusun jadwal kegiatan, administrasi mengajar guru, jurnal pembelajaran, catatan khusus guru, dan laporan hasil kegiatan mengikuti kegiatan/program. Ketiga,Evaluasi strategi kepala madarasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik dan kompetensi guru di MTsN 1 Blitar danMTsN 2 Blitar adalah kepala madarsah melakukan penilaian, dan pembinaan terhadap guru dalam kegiatan pelatihan, MGMP, Workshop, dan pembelajaran di madrasah berkaitan dengan pengembangan kompetensi pedagogik dan kompetensi sosial guru sesuai dengan perkembangan zaman dan kondisi peserta didik

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 128501203019 PUTRI ILLAYATI HARIANTO
Date Deposited: 06 Dec 2023 07:27
Last Modified: 06 Dec 2023 07:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42319

Actions (login required)

View Item View Item