PENERAPAN PERMAINAN PIRAMIDA ANGKA UNTUK MENINGKATKAN LOGIS-MATEMATIKA ANAK TK B DI TK DHARMA WANITA SELOPURO

DIAN PAWARTI, 12206193012 (2023) PENERAPAN PERMAINAN PIRAMIDA ANGKA UNTUK MENINGKATKAN LOGIS-MATEMATIKA ANAK TK B DI TK DHARMA WANITA SELOPURO. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (634kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (619kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (582kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (554kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (634kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (430kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Permainan Piramida Angka Untuk Meningkatkan Kecerdasan Logis Matematika Anak TK B di TK Dharma Wanita Selopuro” ditulis oleh Dian Pawarti, NIM 12206193012, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Eriffa Susilo, M.Pd Kata Kunci : Permainan Piramida Angka, Kecerdasan Logis, Matematika Taman Kanak-kanak merupakan salah satu jalur pendidikan formal yang diselenggarakan pada jalur formal untuk anak usia dini dalam rangka mengembangkan potensi mereka dengan sistem bermain sambil belajar. Kecerdasan yang harus ditingkatkan pada anak usia dini adalah kecerdasan matematika, karena kecerdasan logika matematika sebagai penentu kecerdasan lainnya. Salah satu caranya ialah melalui penerapan permainan piramida angka. Permainan piramida angka termasuk dalam permainan matematika yaitu kegiatan belajar yang mampu mengembangkan kemampuan dasar matematika pada anak. Permainan piramida angka dapat meningkatkan kecerdasan logis matematis anak dengan ketrampilan berhitung, membedakan konsep banyak dan sedikit, dan juga mengurutkan lambang bilangan Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran permainan piramida angka untuk meningkatkan logis matematis anak TK B di TK Dharma Wanita Selopuro? (2) Bagaimana pelaksanaan permainan piramida angka anak TK B di TK Dharma Wanita Selopuro? (3) Bagaimana capaian perkembangan logika matematika anak melalui penerapan permainan piramida angka di TK Dharma Wanita Selopuro ? Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Pengumpulan data didapatkan melalui peneliti sebagai instrumen pertama dengan instrumen pendukung berupa pedoman observasi, pedoman wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian yang digunakan yaitu murid beserta guru TK Dharma Wanita Selopuro. Tahap-tahap analisis penelitian melalui reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data melalui, triangulasi, transferbility, dependability, dan confirmability. Hasil penelitian ini adalah: (1) Perencanaan pembelajaran permainan piramida angka untuk meningkatkan logis matematis anak TK B di TK Dharma Wanita Selopuro yaitu menyusun rencana pembelajaran harian, menyiapkan media permainan piramida angka, menentukan teknik penilaian serta menyiapkan peraturan untuk permainan. (2) Pelaksanaan permainan piramida angka anak TK B di TK Dharma Wanita Selopuro yaitu guru TK Dharma Wanita Selopuro yaitu melalui strategi Direct Instruction (pembelajaran secara langsung/tatap muka) pada basicnya pembelajaran yang terstruktur dan runtut. (3) Capaian perkembangan logika matematika anak melalui penerapan permainan piramida angka di TK Dharma Wanita Selopuro yaitu kecerdasan logis matematika anak menjadi meningkat sesuai dengan capaian perkembangan yang optimal dengan penggunakan media piramida angka.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206193012 DIAN PAWARTI
Date Deposited: 06 Dec 2023 07:42
Last Modified: 06 Dec 2023 07:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42324

Actions (login required)

View Item View Item