PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BENTUK DAN FUNGSI BAGIAN TUBUH HEWAN BERBASIS BOOK CREATOR DI MI NURUL HUDA DAN MI DARUSSALAM PLOSOKLATEN KEDIRI

DEWI HALIMATUSSA'DIYAH, 12205193019 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BENTUK DAN FUNGSI BAGIAN TUBUH HEWAN BERBASIS BOOK CREATOR DI MI NURUL HUDA DAN MI DARUSSALAM PLOSOKLATEN KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (202kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (120kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (242kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Pembelajaran Bentuk dan Fungsi Bagian Tubuh Hewan Berbasis Book Creator di MI Nurul Huda dan MI Darussalam Plosoklaten Kediri” ini ditulis oleh Dewi Halimatussa’diyah NIM 12205193019, Dosen Pembimbing Dr. Adi Wijayanto, M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Book Creator Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran yang menggunakan benda cetak berupa buku modul dan menggunakan media konkret dalam proses pembelajaran IPA. Sehingga jika pembelajaran terus menerus dilakukan dengan hanya menggunakan buku modul dan media konkret siswa seringkali kebosanan mengikuti proses pembelajaran. Selain itu juga, materi yang disampaikan tidak semuanya dapat menggunakan media konkret. Salah satunya pada materi bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan. Maka dari itu, dibutuhkan inovasi media pembelajaran yang dapat membantu siswa memahami materi sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana desain media pembelajaran Bentuk dan Fungsi Bagian Tubuh Hewan Berbasis Book creator di MI Nurul Huda dan MI Darussalam Plosoklaten Kediri?; (2) Bagaimana pengembangan media pembelajaran Bentuk dan Fungsi Bagian Tubuh Hewan Berbasis Book creator di MI Nurul Huda dan MI Darussalam Plosoklaten Kediri?; (3) Bagaimana efektivitas media pembelajaran Bentuk dan Fungsi Bagian Tubuh Hewan Berbasis Book creator di MI Nurul Huda dan MI Darussalam Plosoklaten Kediri? Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan desain media pembelajaran Bentuk dan Fungsi Bagian Tubuh Hewan Berbasis Book creator di MI Nurul Huda dan MI Darussalam Plosoklaten Kediri; (2) mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran Bentuk dan Fungsi Bagian Tubuh Hewan Berbasis Book creator di MI Nurul Huda dan MI Darussalam Plosoklaten Kediri; (3) mendeskripsikan efektivitas media pembelajaran Bentuk dan Fungsi Bagian Tubuh Hewan Berbasis Book creator di MI Nurul Huda dan MI Darussalam Plosoklaten Kediri. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D), dengan model pengembangan Borg and Gall yang berhenti pada tahap ke 7. Subjek penilaian produk untuk kevalidan media pembalajaran yaitu 3 ahli media, 3 ahli materi, sasaran uji coba produk kelompok kecil yaitu 1 guru dan 22 siswa kelas IV MI Nurul Huda, sasaran uji coba produk kelompok besar yaitu 2 guru dan 43 siswa kelas IV MI Darussalam Plosoklaten Kediri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Produk berupa media pembelajaran berbasis book creator layak digunakan di MI Nurul Huda dan MI Darussalam Plosoklaten Kediri; (2) Hasil uji efektivitas dengan menggunakan Uji t (Sample Paired T test) nilai Sig. (2-tailed) < 0,05. Sehingga, dapat dikatakan bahwa media pembelajaran bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dikatakan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa; (3) Hasil validasi produk dari 3 ahli media diperoleh skor sebesar 89,37%. Hasil analisis validasi materi dari 3 ahli materi diperoleh skor sebesar 89,9%. Uji coba lapangan kelompok kecil terhadap guru pengampu sebesar 88% dan siswa sebesar 89,7%. Uji coba lapangan kelompok besar terhadap 2 guru pengampu sebesar 80,7% dan siswa sebesar 89,4%. Sementara hasil belajar siswa pada pretest memperoleh rata-rata sebesar 57,8 dan pada pelaksanaan posttest memperoleh rata-rata sebesar 80,9. Adapun perolehan nilai terendah 50 dan 100. Hasil dari penjelasan di atas dapat dikatakan bahwa media pembelajaran bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan berbasis book creator ini valid dan efektif serta layak digunakan serta dapat meningkatkan hasil belajar. Bagi madrasah yang memiliki permasalahan dalam mengenalkan bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dapat menerapkan media pembelajaran bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan berbasis book creator bagi siswa kelas IV MI/SD.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193019 DEWI HALIMATUSSA'DIYAH
Date Deposited: 06 Dec 2023 09:15
Last Modified: 06 Dec 2023 09:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42361

Actions (login required)

View Item View Item