IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA RUMPUN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Multi Kasus Pada MTsN 2 Kabupaten Kediri dan MTs Raudlatut Thalabah)

HIMAYATUZ ZAKIYAH, 128506203037 (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA RUMPUN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Multi Kasus Pada MTsN 2 Kabupaten Kediri dan MTs Raudlatut Thalabah). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (611kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (515kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (158kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (406kB) | Preview

Abstract

Tesis dengan judul “Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Rumpun Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Multi Kasus MTs Raudlatut Thalabah dan MTsN 2 Kabupaten Kediri)” ini ditulis oleh Himayatuz Zakiyah dengan Dosen pembimbing Prof. Dr. Sokip, M.Pd.I dan Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I. Kata Kunci: Implementasi Kurikulum Merdeka, Mapel PAI. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurikulum merdeka yang telah dikembangkan menjadi kurikulum yang lebih variabel namun tetap fokus pada materi-materi yang mendasar, pengembangan karakter serta kompetensi pada siswa. seperti pada ulasannya bahwa kurikulum merdeka memiliki tujuan sebagai pemulihan pada krisisnya pembelajaran yang semakin parah akibat pandemi, selain itu juga bertujuan untuk memberikan kebebasan kepada lembaga maupun guru untuk mengembangkan dan mengelola kurikulum serta pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik satuan pendidikan dan peserta didik. Pertanyaan penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan perangkat pembelajaran pada rumpun mata pelajaran PAI di MTsN 2 Kab. Kediri dan MTs Raudlatut Thalabah. 2) Bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran kurikulum merdeka pada rumpun mata pelajaran PAI di MTsN 2 Kab. Kediri dan MTs Raudlatut Thalabah. 3) Bagaimana asesmen dalam pembela jaran kurikulum merdeka pada rumpun mata pelajaran PAI di MTsN 2 Kab. Kediri dan MTs Raudlatut Thalabah. Penelitian ini merupakan penelitian deksriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh dari hasil wawancara sejumlah informan yaitu kepala madrasah, waka kurikulum dan guru pendidikan agama Islam pada MTsN 2 Kab. Kediri dan MTs Raudlatut Thalabah. Dalam pengambilan data digunakan teknik wawancara, observasi serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Perencanaan perangkat pembelajaran dimulai dengan mengikuti workshop dan sosialisasi terkait kurikulum merdeka. Perangkat ajar seperti buku materi diambil dari kementerian agama Islam sedangkan untuk buku pendamping dari madrasah. Modul Ajar yang dibuat oleh guru PAI di MTsN 2 Kab. Kediri dan MTs Raudlatut Thalabah menerapkan topik yang menarik, bermakna, relevan dan berkesinambungan. 2) Pelaksanaan pembelajaran kurikulum merdeka dimulai dari kelas 7 terlebih dahulu. Dalam merumuskan tujuan pembelajaran kedua madrasah ini menganalisis kompetensi dan lingkup materi pada capaian pembelajaran dan dikaitkan dengan konteksnya, alur tujuan pembelajaran dirumuskan dengan mengembangkan dan memodifikasi contoh yang sudah disediakan, pembelajaran berdiferensiasi kedua madrasah ini menfokuskan pada konten dan proses pembelajaran. 3) asesmen pembelajaran dilaksanakan dengan menentukan kriteria ketentuan tujuan pembelajaran (KKTP) berdasarkan tujuan pembelajaran, asesmen diagnostik dilaksanakan untuk menentukan pembelajaran berdiferensiasi yang sesuai pada peserta didik, untuk asesmen formatif menggunakan teknik observasi untuk memberikan umpan balik dan perbaikan dari proses pembelajaran, untuk asesmen sumatif harian dan tengah semester menggunakan terknik performa dan tes tulis, sedangkan asesmen sumatif akhir semester dilaksanakan dengan teknik tes tulis yang mana hasilnya digunakan untuk penilaian dalam capaian hasil pembelajaran.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 128506203037 HIMAYATUZ ZAKIYAH
Date Deposited: 08 Dec 2023 06:42
Last Modified: 08 Dec 2023 06:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42371

Actions (login required)

View Item View Item