METODE USMANI UNTUK MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QURAN (Studi Multisitus di Pondok Pesantren Al-Azhar Tulungagung dan Pondok Pesantren Darul Huda Blitar)

M. MISKUL FIRDAUS ZUBAIDI, 12850621026 (2023) METODE USMANI UNTUK MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QURAN (Studi Multisitus di Pondok Pesantren Al-Azhar Tulungagung dan Pondok Pesantren Darul Huda Blitar). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (209kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (114kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis ini dengan judul “ Metode Usmani Untuk Mengatasi Kesulitan Membaca AlQur’an (Studi Multisitus di Pondok Pesantren Al-Azhar Tulungagung dan Pondok Pesantren Darul Huda Blitar)” ini ditulis oleh M. Miskul Firdaus Zubaidi, dengan pembimbing Dr. H. Khoirul Anam, M.Pd.I dan Dr. Ahmad Zainal Abidin, M.A Kata Kunci : Metode usmani, Kesulitan Membaca Al-Qur’an Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih banyaknya anak dan remaja muslim sekarang yang buta huruf terhadap Al-Qur’an sehingga belum bisa membaca Al-Qur’an bahkan masih kesulitan dalam membacanya dengan baik dan benar. Selain itu, bisa jadi karena rendahnya motivasi peserta didik dalam membaca Al-Qur’an seiring dengan kemajuannya teknologi, dimana waktu mereka banyak dihabiskan dengan bermain game di hp dari pada membaca dan mempelajari Al-Qur’an. Hal ini menjadikan pertimbangan lembaga pendidikan pondok pesantren mengadakan pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan metode usmani untuk mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an. Dengan belajar Al-qur’an dengan metode usmani santri lebih mudah mempelajari serta menghafal tajwid dan makharijul huruf, karena proses belajarnya dengan bersama-sama, dibaca dengan suara lantang otomatis saling semangat untuk melebihi target yang dicapai. Usaha ustadz dan ustadzah untuk menggunakan metode yang tepat dalam mendidik santrinya adalah dengan disesuaikan kemampuan santrinya beliau harus mengupayakan supaya pembelajaran yang diberikan dapat dengan mudah dipahami oleh santri, selain dengan sikap lemah lembutnya, beliau harus memikirkan metode yang pas digunakan dalam pembelajaran, seperti memilih waktu yang tepat dalam pembelajaran serta pendekatan yang baik dan benar. Pembelajaran Al-Qur’an ini menggunakan metode usmani karena pada saat ini metode yang pas, mudah diterapkan, simpel,dan menyenangkan. Dengan demikian metode usmani akan lebih efektif untuk diterapkan di pondok pesantren. Pondok pesantren Al-Azhar Tulungagung dan pondok pesantren Darul Huda Blitar ini menyadari betul akan pentingnya pengenalan baca tulis Al-Qur’an terhadap santrinya, terlebih dalam membaca Al-Qur’an para santri tersebut menjadi syarat kelulusan dari pondok tersebut harus mendapatkan syahadah metode usmani agar bisa meneruskan pendidikan ke jenjang selanjutnya. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan metode usmani untuk mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an di pondok pesantren Al-Azhar Tulungagung dan pondok pesantren Darul Huda Blitar (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode usmani untuk mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an di pondok pesantren Al-Azhar Tulungagung dan pondok pesantren Darul Huda Blitar (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi metode usmani untuk mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an di pondok pesantren AlAzhar Tulungagung dan pondok pesantren Darul Huda Blitar. Penelitian ini dilakukan di pondok pesantren Al-Azhar Tulungagung dan pondok pesantren Darul Huda Blitar dengan menggunakan pendekatan kualitatif yaitu dengan jenis penelitian deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul berupa kata-kata dianalisis dengan cara reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengenai metode usmani untuk mengatasi kesulitan membaca AlQur’an dipondok pesantren Al-Azhar Tulungagung dan pondok pesantren Darul Huda Blitar menunjukkan bahwa (1) perencanaan metode usmani untuk mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an, ustadaz/ ustadzah tidak boleh menuntun namun hanya sebagai pembimbing, dalam mengajar ilmu baca Al-Qur’an harus teliti, waspada, dan tegas. Untuk tahapan mengajar secara khusus: a. dengan pembukaan dengan salam, hadroh fatihah, do’a awal pelajaran, b. appersepsi yaitu diusahakan agar santri tenang, senang, dan bahagia dalam belajar serta mengulang materi yang sudah diajarkan sebelumnya, c. penanaman konsep dengan menjelaskan materi baru dan memberi contoh serta mengusahakan santri memahami materi pelajaran, d. pemahaman dengan latihan secara bersama-sama atau berkelompok, e. keterampilan dengan latihan secara individu untuk mengetahui tingkat kemampuan santri dalam membaca, f. penutup dengan memberi pesan moral pada santri, do’a penutup dan salam. (2) pelaksanaan metode usmani untuk mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an, pondok mempersiapkan target yang jelas dan terstruktur dalam pembelajaran Al-Qur’an dengan metode usmani, pondok pesantren mempersiapkan guru yang benar-benar kompeten dalam mengajarkan metode usmani, pembelajaran Al-Qur’an menggunakan metode usmani di pondok pesantren Al-Azhar Tulungagung di mulai pukul 15.30-17.00 WIB, sedangkan pembelajaran Al-Qur’an metode usmani di pondok pesantren Darul Huda di mulai pukul 07.30-08.45 WIB. Sistematika pembelajaran Al-Qur’an metode usmani ada beberapa tahap diantaranya yaitu, pembukaan, appersepsi, penanaman konsep, pemahaman konsep, latihan atau keterampilan, evaluasi dan penutup. (3) evalusai metode usmani untuk mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an ustadz/ustadzah untuk mengetahui keberhasilan santri dalam belajar Al-Qur’an dengan metode usmani dengan melakukan tes kemampuan membaca kepada setiap santri yaitu dengan tes pelajaran, tes kenikan juz dan khotam pendidikan AlQur’an.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Agama > Al Quran
Pendidikan > Kesulitan Belajar
Pendidikan Islam > Pondok pesantren
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12850621026 M. MISKUL FIRDAUS ZUBAIDI
Date Deposited: 08 Dec 2023 07:51
Last Modified: 08 Dec 2023 07:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42387

Actions (login required)

View Item View Item