PENGEMBANGAN KARAKTER ISLAMI PESERTA DIDIK MELALUI PROGRAM KEAGAMAAN DI MTsN 7 TULUNGAGUNG

ILMA ROHMATUL AZIZAH, 12201193104 (2023) PENGEMBANGAN KARAKTER ISLAMI PESERTA DIDIK MELALUI PROGRAM KEAGAMAAN DI MTsN 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (906kB)
[img] Text
ABSTRAK .pdf

Download (199kB)
[img] Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (63kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (226kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (153kB)

Abstract

Skripsi dengan judul Pengembangan Karakter Islami Peserta Didik Melalui Program Keagamaan di MTsN 7 Tulungagung ini ditulis oleh Ilma Rohmatul Azizah, NIM 12201193104, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Khusnul Mufidati, S.Sy., M.Pd.I. Kata Kunci: Pengembangan, Karakter Islami, dan Program Keagamaan Penelitian ini dilatarbelakangai kondisi remaja pada saat ini yang perilakunya jauh dari nilai-nilai islami. Peserta didik pada saat ini sangat rentan mengalami krisis dalam aspek karakter dan budi pekerti disebabkan kuatnya pengaruh internet dan pergaulan. Masih banyak remaja atau peserta didik yang berperilaku tidak terpuji baik dalam lingkungan rumah maupun sekolah. Banyak terdengar kasus penyimpangan-penyimpangan dalam pergaulan remaja. Tidak hanya berperilaku kurang baik saat bergaul dengan teman sebayanya, bahkan masih banyak remaja yang berperilaku tidak sopan kepada orang tua, dan guru. Melihat dari permasalahan tersebut, penanaman karakter islami sangat relevan diterapkan dalam dunia pendidikan. Pembentukan karakter membutuhkan waktu yang tidak singkat sehingga harus dibiasakan sejak dini, selain itu masa remaja adalah masa pencarian jati diri. Maka dari itu, penguatan karakter sangat relevan untuk diterapkan dalam dunia pendidikan. Fokus masalah dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana upaya pengembangan karakter islami peserta didik melalui program keagamaan di MTsN 7 Tulungagung? (2) Apa saja faktor penghambat dalam pengembangan karakter islami peserta didik melalui program keagamaan di MTsN 7 Tulungagung? (3) Apa saja faktor pendukung dalam pengembangan karakter ıslami peserta didik melalui program keagamaan di MTsN 7 Tulungagung? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: untuk mendeskripsikan upaya, faktor penghambat, dan faktor pendukung dalam pengembangan karakter ıslami peserta didik melalui program keagamaan di MTsN 7 Tulungagung. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan peneliatan kualitatif deskriptif deskriptif. Adapun teknik yang digunakan dalam pengumpulan data ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Paparan dan analisi data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi. Pengecekan keabsahan dilakukan dengan triangulasi. Penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk memahami fenomena- fenomena tentang objek penelitian. Hasil penelitian ini adalah: (1) Upaya dalam pengembangan karakter islami peserta didik melalui program keagamaan di MTsN 7 Tulungagung dilakukan dengan metode pembiasaan dan keteladanan yang dituangkan dalam beberapa program keagamaan. program- program keagamaan tersebut antara lain penguatan keagamaan (madin), pembiasaan membaca Surah Yasin setiap pagi, Pembiasaan shalat dhuha dan shalat dhuhur berjamaah. Dalam hal ini, seluruh pendidik berperan dalam memberi suri tauladan. Sebelum mendidik peserta didik, guru harus mempunyai akhlak yang baik terlebih dahulu dan mencontohkannya kepada peserta didik. Dalam kebijakan untuk menertibkan peserta didik, pihak sekolah melakukan komunikasi secara empat mata dengan anak yang bermasalah serta mendatangkan pihal luar untuk melakukan penyuluhan terkait ketertiban dalam masyarakat, contohnya dari pihak Polsek, BNN dan Dinas Lingkungan Hidup. Pelaksanaan program keagamaan tersebut menghasilkan perubahan perilaku ke arah positif dalam hal karakter islami (2) Faktor penghambat pengembangan karakter islami peserta didik melalui program keagamaan di MTsN 7 Tulungagung antara lain adalah sarana dan prasarana kurang memadai, latar belakang siswa yang beragam, dan kesulitan siswa untuk berangkat pada jam ke-0. (3) Faktor pendukung pengembangan karakter islami peserta didik melalui program keagamaan di MTsN 7 Tulungagung antara lain adalah ketersediaan fasilitas, kerjasama dengan pondok pesantren Abdul Alim, dan dukungan moral dari lembaga sekolah, guru dan wali murid.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193104 ILMA ROHMATUL AZIZAH
Date Deposited: 11 Dec 2023 06:30
Last Modified: 11 Dec 2023 06:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42399

Actions (login required)

View Item View Item